Hari Kiamat tidak akan terjadi
sebelum matahari terbit dari barat.
Apabila matahari telah terbit dari barat,
maka seluruh manusia akan beriman.

(Hadis riwayat Abu Hurairah r.a.)

Tulisan ini muncul untuk menjawab pertanyaan saudara primaseason

Matahari merupakan pusat tata surya dimana ada beberapa planet termasuk Bumi mengelilinginya tiada henti sejak dahulu hingga kiamat kelak. Bumi sebagai salah satu anggota yang mengelilingi matahari, pada saat yang sama Bumi juga berputar sendiri dari barat ke timur. Berputarnya Bumi dari barat ke timur inilah maka siapapun kita yang ada di muka Bumi ini akan menyaksikan fenomena matahari terbit dari arah timur dan tenggelam ke barat.

Seiring dengan berjalannya waktu maka suatu saat nanti bumi dan alam semesta akan mengalami kehancuran atau biasa kita sebut Kiamat. Kiamat terjadi diawali dengan peristiwa terjadinya matahari terbit dari barat. Banyak yang tidak percaya akan terjadinya peristiwa ini, akan tetapi sebaliknya juga tidak sedikit yang mempercayainya dan mencoba memberikan penjelasan akan hal tersebut.

Nostradamus sebagai salah satu peramal dari Prancis yang dipercaya dapat mengetahui peristiwa yang akan terjadi di masa depan, tidak memberitahukan terjadinya peristiwa alam tersebut di dalam kuantrinnya. Akan tetapi ada 1 ayat pada Century 1 Kuantrin 48 menyebutkan hal yang sepertinya dapat diartikan sebagai akhir hidup di bumi yaitu :

“Vingt ans du regne de la?Lune passez,
Sept mil and autre tiendra sa monarchie:
Quand le Soleil prendra ses jours lassez:
Lors accomplit et mine ma prophetie.”

Ketika 20 tahun kekuasaan bulan telah berlalu,
seseorang akan merebut kekuasaannya selama tujuh ribu tahun.
Ketika matahari menyelesaikan siklus akhirnya,
maka ramalan dan peringatankupun usai.

Untuk sementara tafsiran akan ayat tersebut yaitu bahwa akan terjadi akhir siklus matahari sebagai penutup akhir ramalannya. Pernyataan Nostradamus inilah yang sepertinya mengindikasikan terjadinya peristiwa matahari terbit dari barat, namun tidak jelas kapan dan tahun berapa peristiwa tersebut akan terjadi, bisa jadi besok, atau lusa, 1 tahun lagi, 100 tahun lagi dan ntah kapan kan terjadi.

Ramalan lain yang tidak kalah serunya dikeluarkan oleh Suku Maya melalui Baktunnya. Pada Baktun terakhir Suku Maya justru memprediksi Kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012 melalui banyak proses dan salah satu prosesnya yaitu benturan benda langit kepada Bumi (lihat movie). Sebenarnya rada sulit untuk dapat dipercaya ramalan ini, baik dalam penyebutan tahun 2012 maupun ancaman benda langit ke Bumi. Tetapi yang pasti Suku Maya juga tidak memberikan isyarat akan adanya peristiwa matahari terbit dari barat mengingat benturan benda langit tersebut akan mengakibatkan hancurnya Bumi seketika. Disisi lain mengenai peristiwa yang terjadi pada tahun 2012 bisa akhir (kiamat) tetapi bisa juga awal seperti pada movie di halaman ini.

Sedangkan pada pihak Islam justru memberitahukan peristiwa tersebut dengan nyata. Banyak ditemui hadis Nabi SAW yang memberitahukan kepastian terjadinya dan digolongkan sebagai tanda-tanda Kiamat. Akan tetapi sekali lagi mengenai waktu terjadinya juga tidak ada penjelasan yang pasti, apakah masih lama ataukah tidak lama lagi.

Apabila dihitung jumlahnya antara yang percaya dengan yang tidak percaya akan terjadinya peristiwa matahari terbit dari barat, maka asumsi sementara sepertinya lebih banyak yang tidak percaya akan peristiwa itu. Kebanyakan orang percaya bahwa kiamat atau kehancuran Bumi disebabkan benturan benda langit ke Bumi.

Namun apabila kita mempercayai akan peristiwa tersebut, lantas kapankah peristiwa itu akan terjadi ? Ada sebuah Hadis Nabi Muhammad SAW yang dapat dijadikan ukuran terjadinya matahari terbit dari barat. Hadis tersebut berbunyi demikian :
“suatu saat nanti islam akan dipimpin seperti Aku yang menggunakan Al-qur`an & Hadits sebagai dasar hukumnya, sesudah itu dipimpin seperti masa sahabat, sesudah itu akan dipimpin seperti masa tabiin, sesudah itu akan dipimpin seperti masa taabiit tabiin, dan sesudah itu islam akan kembali hilang”.

Maap saya belum menemukan hadits tersebut di website/weblog, ini hadits merupakan catatan kuliah saya, demikian.

Dahulu, Nabi Saw diangkat menjadi Rosul usia 40 (tahun 610), sementara kepemimpinan Bani Abbasyiah berakhir tahun 1258 (610-1258 = 650 tahun). Setelah itu islam masih berkembang namun terlihat sekali kemundurannya dan sebaliknya pada saat yang sama musuh islam juga semakin kuat menyerang islam melalui non perang. Peristiwa ini memakan waktu lebih dari 300 tahun hingga islam benar benar lenyap kekuatannya. Pada masa setelah Abbasyiah memang terjadi perang, namun hanya perang kecil, sementara Perang Dunia I aja terjadi tahun 1900-an (610-1900=1300). Dari sini udah keliatan bila geliat untuk kerusakan sistem di bumi (dampak perang) baru terjadi di atas 1000 tahun.

Merujuk hadits di atas maka masa aman bagi bumi tidak sampe 1000 tahun, di atas 1000 tahun pasti terjadi perang penghancuran yang akan mempengaruhi rusaknya sistem kehidupan di bumi. Apabila Isa turun tepat di tahun 2000, maka masa aman bagi bumi diperkirakan tidak sampe tahun 3000. Sehingga dimungkinkan perang besar akan muncul lagi sekitar tahun 2900-an dan akibatnya akan terjadi matahari terbit dari barat (matahari terbit dari barat akibat ulah manusia), silahkan tanyakan pada Isa mengenai penyebab peristiwa ini bisa terjadi (Isa turun ke bumi ndak sampe tahun 2020 ini juga ada perhitungannya).

Hal lain lagi, pada masa dulu serangan terhadap islam secara non perang rada lama dan juga perang terjadi dengan senjata-senjata yang belum modern sehingga proses penghancuran relatif lama, akan tetapi jaman sekarang senjata yang digunakan dalam perang sangat canggih sehingga proses penghancuran baik perang maupun non perang akan cepat bahkan sangat cepat. Karena penggunaan senjata tersebut maka bisa diperkirakan Hadits tersebut di atas akan berlaku tidak sampe tahun 2900-an, asumsi saya sekitar tahun 2700-an akan terjadi perang besar dan mengakibatkan peristiwa matahari terbit dari barat terjadi. Semuanya hanya Tuhan sajalah yang mengetahui secara pasti peristiwa tersebut.

Mungkin anda memiliki perhitungan lain ?   Silahkan !

Kontrofersi, Rabu 05 Desember 2007
Eddy Corret.

About these ads