Semar Sejatinya Hayalan

Posted: Maret 10, 2008 in Artikel
Tag:, , , , ,

“Siapa yang melihatku di dalam tidur,
sesungguhnya dia melihatku,
karena setan tidak bisa menyerupaiku.”

Hadits riwayat Bukhari, Muslim dan lain-lain.

Semar adalah salah satu dari 4 sosok yang biasa disebut dengan punokawan. Punokawan merupakan sebutan yang diberikan kepada 4 sosok yang selalu mendampingi para Pandawa khususnya Arjuna dalam cerita pewayangan di Indonesia. Keempat Punokawan tersebut yaitu Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Punokawan dengan 4 sosok tersebut dihadirkan untuk memberi warna dalam setiap pementasan wayang. Suasana akan terlihat ramai dan seru diiringi dengan humor-humor yang diperankan para Punokawan namun juga dibumbuhi ilmu pengetahuan sehingga cerita tidak akan melenceng dari tema yang telah ditetapkan.

Punakawan adalah karakter yang khas dalam wayang Indonesia. Mereka melambangkan orang kebanyakan. Karakternya mengindikasikan bermacam-macam peran, seperti penasihat para ksatria, penghibur, kritisi sosial, badut bahkan sumber kebenaran dan kebijakan. Setiap sosok Punokawan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda antar satu dengan yang lainnya sehingga mereka terlihat nyata satu tim yang memiliki nuansa kekeluargaan begitu erat. Berikut sedikit penjelasan siapa keempat sosok Punokawan :
1. Semar adalah pengasuh dari Pendawa. Alkisah, ia juga bernama Hyang Ismaya. Mekipun ia berwujud manusia jelek, ia memiliki kesaktian yang sangat tinggi bahkan melebihi para dewa.
2. Gareng adalah anak Semar yang berarti pujaan atau didapatkan dengan memuja. Nalagareng adalah seorang yang tak pandai bicara, apa yang dikatakannya kadang- kadang serba salah. Tetapi ia sangat lucu dan menggelikan. Ia pernah menjadi raja di Paranggumiwang dan bernama Pandubergola. Ia diangkat sebagi raja atas nama Dewi Sumbadra. Ia sangat sakti dan hanya bisa dikalahkan oleh Petruk.
3. Petruk adalah anak Semar yang bermuka manis dengan senyuman yang menarik hati, panda berbicara, dan juga sangat lucu. Ia suka menyindir ketidakbenaran dengan lawakan-lawakannya. Petruk pernah menjadi raja di negeri Ngrancang Kencana dan bernama Helgeduelbek. Dikisahkan ia melarikan ajimat Kalimasada. Tak ada yang dapat mengalahkannya selain Gareng.
4. Bagong berarti bayangan Semar. Alkisah ketika diturunkan ke dunia, Dewa bersabda pada Semar bahwa bayangannyalah yang akan menjadi temannya. Seketika itu juga bayangannya berubah wujud menjadi Bagong. Bagong itu memiliki sifat lancang dan suka berlagak bodoh. Ia juga sangat lucu.

Dalam wayang kulit, Punakawan ini paling sering muncul dalam goro-goro, yaitu babak pertujukan yang seringkali berisi lelucon maupun wejangan. Dengan karakteristik yang unik dan mengesankan tersebut maka penonton akan terhibur sekaligus mendapatkan pengetahuan sehingga tidak akan jenuh menyaksikan pertunjukan meskipun harus begadang sejak malam hingga pagi hari. Humor kekeluargaan beserta petuah-petuah begitu saja mengalir membuat seni cerita wayang terlihat hidup dan berkesan kepada masyarakat.

Apabila diperiksa lebih lanjut sebenarnya Semar dan Punokawan, sosok aslinya dalam wujud ciptaan Tuhan sampai detik ini masih tidak jelas, tidak ditemukan kepastian mengenai makhluk Tuhan bernama Semar tersebut. Makhluk ciptaan Tuhan yang biasa kita kenal yaitu Malaikat, Jin dan Manusia keberadaannya sudah pasti dan dapat diketahui dengan mengenalinya. Akan tetapi Semar tidak dapat dikenali sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Untuk itu sebaiknya diuraikan mengenai Semar dalam wujud yang sudah biasa kita kenal satu demi satu dan silahkan anda tentukan yang mana yang dapat diterima.

Pertama Semar adalah sosok Malaikat ciptaan Tuhan.
Identitas Semar sebagai malaikat belum pernah terdengar hingga detik ini. Di dalam kitab Al-Qur’an Tuhan memperkenalkan ada 10 Malaikat ciptaan-Nya dengan nama yaitu Jibril, Mikail, Munkar, Nakir, Ridwan, Malik, Rokib, Atit, Isrofil dan Izroil. Nama Semar tidak pernah disebut dalam daftar nama para malaikat Tuhan. Tidak pernah juga terdengar ke telinga kita ada yang menyebut malaikat Semar. Apabila Semar sebenarnya malaikat, tentunya Tuhan akan memperkenalkan pada manusia melalui Firman-Nya. Untuk itu mustahil kiranya Semar tergolong makhluk malaikat ciptaan Tuhan.

Kedua Semar adalah sosok Jin ciptaan Tuhan.
Berbeda dengan malaikat, identitas Semar sebagai Jin juga tidak mustahil terjadi. Akan tetapi cerita wayang Punokawan berikut naskah-naskah kuno tidak pernah memberikan penjelasan mengenai identitas Semar sebagai makhluk Jin. Lain halnya bila anda percaya bahwa Semar adalah Sabdo Palon. Maka Semar bisa jadi memang Jin karena Sabdo Palon dalam Serat Darmogandul menyatakan telah berumur ribuan tahun yang merupakan umur Jin. Namun Sabdo Palon sejatinya bukan Semar, Sabdo Palon hanya ngaku-ngaku Semar saja. Sabdo Palon dan Semar merupakan sosok yang berbeda sehingga dipastikan Semar ini bukanlah makhluk Jin ciptaan Tuhan.

Ketiga Semar adalah sosok manusia ciptaan Tuhan.
Apabila benar Semar merupakan sosok manusia maka dipastikan dapat dilacak sejarah dirinya mulai dari keluarga, hasil karyanya hingga letak kuburannya ada dimana. Namun hingga detik ini tidak ada data mengenai keturunan Semar dan Punokawan, tidak pernah terdengar ada yang mengaku keturunan Semar dan Punokawan hidup di suatu daerah di Indonesia. Tidak ada data juga mengenai jasad Punokawa Semar terkubur dimana maupun petilasan Semar juga tidak ada. Sehingga dipastikan Semar sosoknya bukanlah manusia ciptaan Tuhan.

Keempat Semar dalam cerita wayang di India.
Semua orang telah mengetahui bahwa cerita wayang yang terdapat di Indonesia merupakan kisah kehidupan yang berasal dari negara India pada jaman dulu kala. Cerita wayang tersebut tidak pernah terjadi di Indonesia. Di Indonesia hanya menyebarkan cerita tersebut tentunya menurut fersi orang-orang Indonesia agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Nah untuk Punokawan Semar itu juga hanya tambahan sosok yang dimasukkan dalam cerita tersebut, tentunya dari cerita aslinya tidak ada sosok Punokawan. Silahkan anda cari buku, kaset, maupun alamat-alamat di internet mengenai Punokawan dalam cerita wayang di India. Dipastikan nihil hasilnya dan tidak satupun data ditemukan mengenai cerita Punokawan di India. Karena tidak ada data mengenai Punokawan itu maka Semar dan Punokawan itu hanya tambahan saja.

Kelima Semar ciptaan Walisongo.
Berikut ini merupakan falsafah wayang menurut versi kalijagan. Ketahuilah, bahwa wayang punokawan pandawa yang terdiri dari semar, petruk, gareng, bagong adalah ciptaan wali tiga serangkai yaitu Sunan Bonang, Sunan Giri dan Sunan Kalijaga. Adapun falsafah dari arti nama keempat Punakawan Pandawa itu sebagai berikut :

1. Semar, dari bahasa arab “simaar” yang artinya paku. dikatakan bahwa kebenaran agama islam adalah kokoh kuwat, sejahtera bagaikan kokohnya paku yang sudah tertancap, yakni simaaruddunnyaa.
2. Petruk, dari bahasa arab “fat-ruk” yang artinya tinggalkanlah. sama dengan kalimat “fat-ruk kullu man siiwalaahi”, yaitu tinggalkan segala apa yang selain Allah.
3. Gareng, dari bahasa arab “naala qariin (nala gareng), yang artinya memperoleh banyak kawan, yaitu sebagai tujuan para wali adalah berdakwah untuk memperoleh banyak kawan.
4. Bagong, dari bahasa arab “baqhaa” yang artinya lacut atau berontak, yaitu memberontak terhadap segala sesuatu yang lazim.

Dikutip dari buku berjudul Sunan kalijaga, oleh Umar Hasyim, penerbit “menara” kudus, 3 okt 1974, hal 26 sub judul sedikit falsafah wayang menurut versi kalijagan.

Semar dan Punokawan versi walisongo ini nyata-nyata hanya buatan saja dan tidak berupa sosok makhluk hidup ciptaan Tuhan. Keempatnya sengaja dihadirkan oleh wali 3 serangkai tentunya tidak lain untuk misi dakwah mereka melalui kesenian yang diprediksi lebih efektif dilaksanakan dan lebih efektif diterima masyarakat. Nama-nama buatan tersebut akhirnya dimasukkan ke dalam sosok berwujud Punokawan yang mendampingi para Pandawa dalam setiap cerita wayang di Nusantara. Kemunculan Punokawan biasanya pada saat terjadinya goro-goro di tengah berlangsungnya pertunjukan wayang.

Data mengenai Semar dan Punokawannya sebagai ciptaan wali 3 serangkai tersebut dapat dijadikan bukti kuat bila keberadaan Semar dan Punokawan sengaja dihadirkan mendampingi Pandawa 5 dalam pewayangan. Oleh karena mereka diciptakan oleh wali 3 serangkai, maka nyata sudah bila Semar dan Punokawan sejatinya hanya hayalan cerita saja. Apabila tidak ada cerita wayang Mahabarata dari India, dapat dipastikan keberadaan Punokawan tidak akan pernah ada.

Keenam Perwujudan Semar dalam bentuk kebendaan.
Apabila ditelusuri barang-barang peninggalan jaman dulu kala, maka banyak kita temukan sosok Semar dalam wujud kebendaan mulai dari keris, batu akik, patung, lukisan, mantra, serta senjata-senjata lainnya dan jumlahnya sangat banyak tersebar dimana-mana. Keberadaan barang-barang yang berujud Semar tersebut mengindikasikan bila sosoknya memang tidak ada. Para penggemar Semar dan Punokawan dengan sengaja menciptakan barang-barang tersebut sebagai wujud kegemarannya untuk kesaktian, kekuatan dlsb. Sekarang coba sosok Sunan Kalijaga sebagai wujud manusia, tidak pernah kita temukan keris namanya Sunan Kalijaga ataupun benda lain yang diberi nama Sunan Kalijaga. Karena pada masa dulu memang orangnya ada dalam sosok manusia ciptaan Tuhan dan sekarang juga masih dapat ditemui kuburannya.

Barang-barang yang menurut orang merupakan kesaktian diberi nama Semar jelas nyata-nyata buatan manusia semua. Orang sakti jaman dulu kala mungkin yang mengabadikan Semar tersebut dalam bentuk senjata dan barang kesaktian lainnya sebagai wujud gemarnya dan sangat mengidolakan Semar. Sementara wujud makhluk Semar tidak ada sehingga wajar saja wujud-wujud benda tersebut dihadirkan dan mudah ditemukan dimana-mana. Apabila wujud makhluknya ada dipastikan tidak akan dituangkan sosoknya dalam kebendaan.

Ketujuh Semar berada di langit.
Hihihi  ini guyonan apalagi yah. Bisa-bisanya ada orang yang mengatakan Semar ada di lapis langit sekian dan dapat ditemui apabila kita mampu berkunjung ke lapis langit tersebut tempat dia berada. Itu Semar sebenarnya mau dikatakan sebagai apa? Mau dikata apapun juga bingung, mau dikata Malaikat tidak bisa, dikata Jin tidak bisa, dikata Manusia juga tidak bisa. Dikata Ruh manusia yang telah mati juga mustahil karena wujud manusianya saja belum pernah ada di muka bumi ini. Lantas kok ada sosoknya di lapis langit ?

Itulah manusia diciptakan Tuhan dengan kelemahan dan kekurangan. Ingatlah bahwa masyarakat di Indonesia khususnya Jawa sangat mengidolakan Semar dan Punokawan. begitu gemarnya pada Semar hingga diwujudkan dalam bentuk kebendaan yang beraneka jenisnya. Akan tetapi karena wujud makhluknya sebagai Malaikat, Jin maupun Manusia tidak ditemukan buktinya sementara masyarakat telah terlanjur sangat mengidolakan Semar, maka posisi yang kosong ini dipastikan diisi dan dimanfaatkan oleh sosok palsu yang dengan sengaja mengaku-ngaku Semar dan Punokawan. Sosok palsu tersebut hadir tentunya agar digemari, dipuja bahkan mungkin disembah.

Kemunculan sosok palsu mengaku Semar dimungkinkan terjadi karena manusia kemampuan dan kekuatannya terbatas. Dimensi fisik manusia dibatasi oleh ruang, jarak, batas dan waktu sementara dimensi lain yang non fisik tidak dibatasi oleh apapun. Apabila kekuatan dan kemampuan manusia hanya terbatas pada fisik saja maka akan berhadapan dengan sosok palsu yang merasuk ke dalam sosok manusia seperti yang terdengan selama ini ada manusia yang mengaku dirasuki malaikat Jibril dll. Sedangkan apabila kekuatan dan kemampuan manusia menjangkau yang non fisik tentunya akan berhadapan dengan sosok yang lebih tinggi di alam non fisik.

Siapapun anda yang telah mampu bertemu dengan Semar di lapis langit atas sana dipastikan tidak mengetahui jati diri sosok palsu Semar yang anda temui karena kemampuan anda jauh dibawah kemampuan yang bersangkutan. Usia anda paling belum ada 100 tahun sementara sosok palsu tersebut woow bisa jadi sudah ribuan tahun, hahahaha kalah jauh pengalaman. Semakin tinggi kemampuan dan kekuatan anda untuk menjangkau yang non fisik maka akan semakin tinggi pula sosok palsu yang akan dihadapi dan dipastikan anda tidak akan mengetahuinya. Nah apabila anda sanggup keluar dari ruang Alam Semesta maka di luar Alam Semesta anda telah ditunggu si Iblis disana yang siap menyesatkan anda.

Jangankan sosok palsu mengaku-ngaku Semar dan Punokawan nampak nyata dilihat serta tidak diragukan lagi keberadaanya. Sosok-sosok palsu yang mengaku Malaikat Jibril aja ada dan nampak nyata, sosok palsu yang mengaku Isa juga ada dan nampak nyata, sosok palsu yang mengaku Mahdi juga ada dan nampak nyata, bahkan tidak hanya satu tetapi banyak dan tersebar di muka bumi ini. Khusus untuk wilayah Indonesia sepertinya semua sudah pada tahu jadi silahkan diabsen saja satu per satu. Maka itu saya cuma mengingatkan saja bahwa hanya Nabi Muhammad SAW sajalah satu-satunya makhluk ciptaan Tuhan yang tidak dapat dipalsukan. Selanjutnya terserah anda mau bagaimana.

Kontrofersi, Senin 10 Maret 2008
Eddy Corret.

About these ads
Komentar
  1. saptaws mengatakan:

    Oee….ee….

    Ngelmu Gathuk enthuk mas eddy????

    ada lagi lho gathuk enthuk versi guyonan…
    Satrio yang diikuti Punokawan pasti play Boy, macem Janoko
    percaya nggak??? pasti nggak khan!! sorry just kidding ala Thukul
    Sem – mar….kesengsem ing kamar
    Gar – reng….megare nek dijereng
    Pet – Truk….Kejepit Tu……ngkak (he he nggak berani!!)
    Bag – ong ….Obahe Bokong

    Pas tho….
    nuwun

  2. 545435436 mengatakan:

    HUheuheuheuehue………

  3. eddycorret mengatakan:

    Wogh
    Ada fersi baru lagi.

  4. kenthouss mengatakan:

    Isi komentar ya Bozz……
    Yakinnn SEMAR hanya khayalan….rekayasa Sunan kalijaga….
    yaa..aaaa percaya saja gitu… hehe he… boleh dan sah2 saja, nggak repot kan??
    daripada susah2 buat artikel sepi kontrofersi??? sorry lho Bozz buat yang satu ini

    Lha namanya “Keyakinan” gimana lagi mau diubah…???
    yakin nggak ada ya nggak ada,…walau ada…ya tetep nggak ada!

    Dalam Kitab/referensi :
    Hindu….nggak ada
    Islam…..nggak ada
    Budha…nggak ada
    Kristen..nggak ada
    Tao….. nggak ada
    maya, bule, afrika, dlll juga nggak ada
    voodo, hingga harry potter …nggak ada

    Jawa ….nggak dipercaya….karena ndesso kalee

    Susahhhh…lah!!….santai Bozz

    kalo saya : percaya Semar itu ada lho Bozz!
    boleh to?? bebas to??

    tapi “semar” bukan yang di Keris, patung, cemoro pitu, puncak selikur, rajah, dsb.
    atau yang sering masuk diraga ahli2 supranatural dengan sebutan eyang/bathoro ismoyo, kaki kuncung, dsb….dsb….
    nuwun

  5. eddycorret mengatakan:

    Iya memang Semar itu ada.
    Cuma sampe detik ini tidak ada yang mampu membuktikan sejatinya. Sebenarnya segala hal yang palsu itu ada tandanya kk.

    Semar, Satrio Piningit, Ratu Adil itu juga ada tandanya, tetapi ketika saya lihat “tanda” dalam dirinya begitu nyata, maka berani saya katakan palsu semua. Kesimpulannya apabila saya tidak melihat “tanda” dalam sosok, bisa jadi akan saya katakan itu yang sejati.

    Tetapi boleh kok beda pendapat, namanya juga kontrofersi. :)

  6. saptaws mengatakan:

    O eeeee…
    Percaya dan yakin to Semar itu ada?? tenane??
    berarti udah lihat yang nggak ada tandanya !!

    “Iya memang Semar itu ada.”
    ……tetapi ketika saya lihat “tanda” dalam dirinya begitu nyata, maka berani saya katakan palsu semua.

    kalau Methoda anda seperti itu, maka dalam hal ini anda meyakini sudah melihat sendiri!!????

    nah apalagi yang anda perlukan???? kalau sudah meyakin dengan melihat sendiri, terus anda menulis:
    “Cuma sampe detik ini tidak ada yang mampu membuktikan sejatinya…” nah ini termasuk anda nggak??? dan itu nanti untuk keperluan siapa??
    apa panjenengan itu mau ngetes orang2 lain yang “mungkin” sudah ditemui oleh Semar dsb?

    Anda punya methoda pasti juga ada pakemnya to ??hayo ngaku!!
    dan kalau saya atau yang lain minta diskripsi cara pengenalan tanda
    haikul yakin anda terbentur dengan pakem! hayo ngaku!!

    Bilamana anda sudah melihat Semar dan itu anda yakini dengan methoda anda….saya yakin anda dipesan beliau untuk tidak menyampaikan kepada siapapun, walau itu istri, bapak, anak, sekalipun!! hayo ngaku!!

    Nah bagaimana bila orang lain juga seperti anda:
    mempunyai pengalaman / methoda dan terbentur dengan pakem , apa ya mau cerita to Bozz?? karena pelanggaran pakem itu sangat menyusahkan buat kita orang…..tull nggak

    Lagi pula, keyakinan apa harus mempunyai bukti?? kayak di pengadilan saja!! he he
    juga kita orang kan harus menyadari tentang kemampuan dan Haq,
    sampai mati kalau nggak mampu dan tidak menerima haq, ya nggak bakalan ketemu/ditemui…ya to Bozz

    Apa anda sebetulnya gregetan mau mbabar berdasar methoda anda, tapi terbentur pakem, dan akhirnya ngilik2 orang lain supaya mbabar? he he he janganlah Bozz….kasihan kalau nanti ada yang ketrucut…..kecuali yang suka umbaran kadigdayan aja berani bilang sudah ketemu mbah Semar dlsb….. lha yang ini diluar pakem!
    alias ndobozzz!

    kalau anda nggak terbentur Pakem:
    coba dibagi bagi cara deteksi yang ampuh menurut anda supaya bisa berhasil membedakan yang asli dan yang palsu…hayo mau nggak…..etung2 amal!! ada pahalanya.

    karena orientasi anda bukti….saya yakin
    disini tidak akan ada yang menyampaikan bukti.

    salam

  7. eddycorret mengatakan:

    Hehe.
    Ok deh, kembali ke pakem aja.

  8. yudi mengatakan:

    Salam,
    Ikut nimbrung ah :), barusan baca Serat Darmogandul.

    Saya cuma penasaran, ada gak bukti otentik (kitab, tulisan, dsb) yang jelas-jelas menyebutkan kalau Punokawan itu “ciptaan” Walisanga? Terus terang, kutipan Om dari bukunya Umar Hasyim kurang menyebut tentang sumber yang dia peroleh, jadi terkesan pendapat (entah pribadi entah umum).

    Saya kok malah mikir, — cuma mikir lho, berandai-andai –, kalau memang punokawan itu strategi para wali untuk memudahkan dakwah lewat wayang, mungkin saja sosok punakawan itu sudah ada sebelum para wali ada, sebagaimana wayang sudah ada sebelum islam masuk jawa. Jadi mungkin saja sosok Semar itu sudah ada di masyarakat jawa, murni bukan impor dari India, sebelum islam datang, yang kemudian dimanfaatkan oleh para wali untuk memudahkan dakwah tadi. Terlepas dari apakah Semar itu fakta atau fiksi.

    Lha wong katanya Sunan Kudus pernah majang sapi di pelataran masjid, untuk menarik orang-orang Hindu yang menghormati sapi — yang ini sedikit gak nyambung ya :).

    Btw, di Jogja, yang namanya Pakem itu identik dengan rumah sakit jiwa, jadi kalau kembali ke Pakem ya … heheheh :D, guyooon.

  9. eddycorret mengatakan:

    Iya kk.
    Fersi buku bisa jadi adalah fersi penulis meskipun juga tidak menutup kemungkinan si penulis telah mengetahui dan memahami benar data-data yang dia tulis. Karena tulisan tersebut bukan cerita namun ada juga referensi dari beberapa peninggalan para Wali di Demak dan tempat lainnya.

    Bagaimana seandainya sebelum ada wali sudah ada Punokawan. Bisa saja begitu, tetapi ceritanya dari mana. Bila dikatakan dari Budaya hindu budha kok diragukan karena cerita asli tidak ada Punokawan dalam grup Pandawa. Cerita Mahabarata masih dijaga keasliannya sampe saat ini dan menolak adanya Punokawan tersebut.

  10. banaspati mengatakan:

    daripada berhandai handai …….

    kalau mau cari betulnya secara rinci apa adanya, ada baik nya tanya ke Sunan Kalijogo… koq bisa2 nya memasukkan unsur Punokawan dsb,itu dasarnya?

    Mumpung Sunan Kalijogo nggak banyak kerjaan

  11. tempe mengatakan:

    Bagaimana kalau “semar” itu adalah keturunan antara manusia dan jin,-? jelas bukan manusia,bukan jin,bukan malaikat…terus apa??

  12. mepet mengatakan:

    semut imut-imut lah yaw! :mrgreen: :lol:

  13. Jaka Kingtir mengatakan:

    Masih pada pusing om.. tante..?
    Salah makan obat kaleee
    wakakakakaakaa

    • sang pemimpi (lagi birahi) mengatakan:

      iya saya salah minum obat, saya tadi minum obat perangsang dosis tinggi, jadi gini deh, birahi ga ketolongan, mau digaruk sendiri rasanya ga enak.. :P

  14. DEMIT JOWO mengatakan:

    Buat Tingkir.

    Masih pusing!!

    Si Oom pusing mikirin si Tante
    Si Tante pusing mikirin si Oom
    Ini gampang penyelesainnya daripada sama2 pusing
    mending
    Si Oom muting si Tante
    Si Tante puting si Oom
    ujung2 nya kan nggak lagi pusing! karena ada unsur Puting!

    laen kalau yang ini…..

    Kita pusing mikirin SP/Semar
    SP/Semar pusing 7 keliling mikirin kita
    Saking sayangnya sama umat manusia
    Nggak Tega menjadi pusing, karena kehancuran manusia
    Kalau Tega ya bikin pusing, karena menghancurkan manusia
    Tapi…..
    kehancuran manusia, yang ini adalah menguntungkan penguasa ketidak adilan
    Menhancurkan manusia, yang ini adalah keuntungan manusia2 tertindas ketidak adilan

    Lebih baik ya TEGA saja buat para penguasa penindas keadilan

  15. Bean mengatakan:

    Emang gue pikirin?

  16. Bebek adus kali mengatakan:

    Ndon, mo lihat gambar lagi?

  17. sekutrem mengatakan:

    boss,kaga bisa kebuka ah blognya,padahal ogut udah login tuh…..yahhh…padahal mau liat gambar nih ogut…

  18. Nututi sabun wangi mengatakan:

    hihihi
    liwat surat kawat aja yah!

  19. eddycorret mengatakan:

    Gambar apakah itu ?

  20. DEMIT JOWO mengatakan:

    Maka itu saya cuma mengingatkan saja bahwa hanya Nabi Muhammad SAW sajalah satu-satunya makhluk ciptaan Tuhan yang tidak dapat dipalsukan.</em ….karena Deskripsi Wajah tidak ada!!

    tull nggak bozz!!

  21. eddycorret mengatakan:

    Bukan karena deskripsi wajah tidak ada.
    Tapi karena kehendak Sang Pencipta juga. Konon katanya Jibril yang mendampingi Nabi SAW dulu hanya sekali saja menampakkan wujud aslinya, jadi dia selalu saja menampakkan wujud lain ketika bertemu Nabi SAW. Hal ini karena Jibril sebagai malaikat tertinggipun masih bisa dipalsukan. Banyak sekali Jibril-Jibril palsu bermunculan dimana-mana membawa wahyu ini wahyu itu menyesatkan manusia.

  22. SETH mengatakan:

    Nabi Muhammad SAW tidak dapat diketahui deskripsi wajahnya supaya dia tidak dipuja berlebihan, melebihi Tuhan. memang ini satu-satunya cara agar tidak ada seorang manusia yang meninggikan manusia lain melebihi Tuhan.

  23. jeffry mengatakan:

    sosok/kepercayaan terhadap semar seharusnya dimengerti bahwa sudah ada sebelum Islam. buktinya, kepercayaan-kepercayaan budaya Jawa asli yang menolak Islamisasi memuja semar, sebagai dewa tertinggi kejawen.
    Jika Anda ingin melihat situs semar berikut perkembangan kepercayaan semar di Jawa silahkan datang di Gunung Srandil Kabupaten Cilacap. Gunung Srandil adalah tempat dipercaya sebagai pertapaan Semar. Pertapaan itu sudah sangat kuno, bahkan kapal anak buah Laksaman Cheng Ho ketika terdampar di Cilacap telah menemukan bahwa kepercayaan semar itu telah ada. Hingga kini pecahan kapal anak buah laksamana ceng ho masih diabadikan di situs ini.

  24. eddycorret mengatakan:

    Ya begitulah kejawen.

  25. Kabayan mengatakan:

    hiks…..hiks…..hiks……. Orang bodoh berlagak pintar, org pintar berlagak bodoh….” Banyak org mnyangka SEMAR cuma khayalan ….. itu wajar bagi org yg merasa pintar ” Jika ingin bertemu denganya tebaklah Buah apa yg mirip dengan rup SEMAR ? meski luarnya nampak HITAM tp isinya tetap PUTIH……” teladani buah itu dalam khidupan sehari2..” Jaga ucap, jaga perbuatan dan jaga i’tikad …..jk sudah kau genggam BUAH itu dalam khidupan sehari2…… temui SANG ISMAYA di TEGAL HAMBA KARAWANG JAWA BARAT..” dengan julukan MBAH GELUNG / SEMAR BADRANAYA.’ semog berhsil

    RAGATAYA,”

  26. eddycorret mengatakan:

    Saya cuma mengingatkan.

    Yang berada di TEGAL HAMBA KARAWANG JAWA BARAT..” dengan julukan MBAH GELUNG / SEMAR BADRANAYA. itu bukan Semar yang sesungguhnya. Akan tetapi karena anda dan banyak orang meyakininya sebagai Semar, maka ada sosok disana yang menyerupakan diri dengan Semar tersebut.

    Sekali lagi saya cuma mengingatkan saja.

  27. Pengembara mengatakan:

    punteeenn :)

    sekedar mengisi waktu saja,, nggak sengaja saya nyasar ke blog ini…

    hehehe… numpang ngasih pendapat… Semar adalah simbol pengetahuan, kewibawaan, dan welas asih. Ketiganya adalah hal yang semakin sulit kita jumpai pada zaman sekarang ini. Jadi Semar sebenarnya adalah pengingat bagi kita yg lupa dengan tiga hal tadi :)

    Semar sejatinya adalah ciptaan Tuhan,, seluruh kejadian dan proses terjadinya sampai menjadi sesuatu semua haruslah atas izin Allah. Kalau Allah tidak mengizinkan, tidak mungkin ada cerita mengenai Semar. Saya rasa hal yg saya sampaikan tadi anda pasti mengerti :)

    silih asah, silih asih, silih asuh.

    hehehe

  28. Bebasradi Pingit mengatakan:

    Spt yg diceritakan SP sbb:
    Tdk semua arwah leluhur mampu mendatangi SP, sebagian mengundang SP untuk nyekar mengunjungi makam mereka, bukan apa2 mereka hanya pengin melihat wajah cucu yang dijanjikan, kangen dan ingin memberkati dan mendoakannya

    Saking capeknya ketika sendirian menyetir mobil menuju makam Joko Tingkir eyang buyutnya, tanpa terasa SP tertidur sambil nyetir mobil, begitu bangun dia terkejut kerena sudah hampir sampai dan….. didepan mobilnya dia melihat eyang semar sedang menarik mobilnya dengan tali, dan ini bukan khayalan…..

  29. eddycorret mengatakan:

    @ 27. Pengembara – April 6, 2010

    Mungkin ada benarnya juga yang anda sampaikan bila Semar hanya sebatas simbol pengetahuan, kewibawaan, dan welas asih. Namun sudah bertahun-tahun lamanya orang menjadikannya lebih dari simbol yaitu bersosok.

    @ 28. Bebasradi Pingit – April 7, 2010

    Hehe … ceritanya rada aneh.

  30. Bebasradi Pingit mengatakan:

    Ya begitulah kalau tidak dihubungi atau semar memperlihatkan dirinya kepada orang yang dikehendakinya untuk kepentingan negara, ada juga pesan aki semar tentang negara ini tapi aku lupa, ntar tak minta SP untuk kirim SMS, kalau dia mau….

  31. eddycorret mengatakan:

    Wah ditunggu nih SMS nya (kalau dia mau).

    • sang pemimpi (lagi birahi) mengatakan:

      kalau saya lagi nunggu si mas guntur jilat mekki saya, sampai saya lemas, dan mas guntur ga boleh berhenti jilat mekki saya sampai saya puas dan terkulai lemas

  32. Arie Putranto mengatakan:

    Semar itu wujud/simbol segala kebijaksanaan. Sebagaimana garuda sebagai perlambang kesaktian negara. Sebagai simbol, maka seseorang yang meraih kebijaksanaan yang hakiki bisa saja disebut ngelmu semar. gitu aja kok repot, jangan cari wujud, cari maknanya …

    mang situ tahu wujud Allah?

  33. tembayat mengatakan:

    Gambar semar yg ada di wayang adalah ciptaan Sunan Kalijaga dan Sunan Benang yg mengambil bahan lokal untuk dakwah,Tapi Semar yang sebenarnya adlah berwajah pemuda tampan dan orang jawa menyebut Hyang Ismoyo Jati/Ki Ageng Tali.Semar saat ini selalu bersama Arjuna.Kalau nggak percaya yg mampu/diijinkan melihat silahkan coba dan Semar pula yg saat ini membawa wahyu mahkota Rama.

    • Kami mengatakan:

      Untuk Mas Tembayat……Njenengan tahu wajah Semar….artinya Semar berarti ada……Semar membawa wahyu mahkota Rama……apa yang dilihat anak saya..wajah Semar bukan sebagai wajah pemuda tampan….mungkin hampir sama dengan yang digambarkan dalam pewayangan atau Sunan…….Saya tidak ngerti apakah atau siapakah Semar??……Jelasnya adalah ketika anak saya ingin melihatlebih dekat tentang SP…maka sosok Semar ini yang menghalangi dengan perbawa beda dan ada perubahan beda diujud fisiknya sehingga anak saya takut dan tidak berani maju lagi…….Sosok Petruk juga ada ketika anak saya diserbu gaib buruk lamongan….selalu berdiri didepan rumah anak saya…mungkin menjaga anak saya…….Sosok Semar juga kadang memperlihatkan diri sebentar…tidak bicara…lalu pergi…….Kami sepertinya kemeruh dan sok tahu….percaya tidak percaya tapi memang seperti itu kejadiannya……..Kenapa anak anak saya begitu hormat kepada saya??….karena sosok sosok itu tidak jauh dari saya….ada peristiwa dan tidak saya tulis disini……Semua anak saya tidak ada yang pernah suka atau belajar ilmu gaib…anak anak saya berangkat dari hal yang wajar wajar saja….tidak lebih dari orang orang biasa……nuwun….

      • Kami mengatakan:

        kalau saya membaca tulisan Bung Eddy tentang hal gaib….tentang sosok Semar atau Sabdo Palon Noyo Genggong….saya agak merinding…..maaf dan tidak ada maksud meremehkan kemampuan Bung Eddy….terlalu berani dan sembrono…..Mungkin banyak orang terusik hatinya…artinya orang bisa jadi…marah…jengkel atau merasa direndahkan…disalahkan…tentang keyakinan suatu faham dan kepercayaan dengan alasan kontrofersi……Ada akibat dan resiko dalam hal ini……Semoga dengan tidak munculnya Bung Eddy bukan karena hal aneh yang tidak enak….artinya Bung Eddy mungkin masih sibuk dengan urusan pekerjaan…..

  34. agus mengatakan:

    “Semar” memang ada namun sebetulnya tidak punya nama. Kita yang memberi nama semar. Komunitas yang berbeda boleh memberi nama yang berbeda pula. Yang terpenting adalah hakekat dari semar yang sering kita sebut. Kita boleh menyebut nama semar tetapi ternyata hakekat yang kita maksud berbeda. jadi, kita punya semar yang berbeda pula. Lebih komunikatif bila kita merujuk hakekat yang sama walaupun dengan nama yang berbeda. “Semar” hanyalah sebuah alat bantu komunikasi sosial saja. Semar tidak berwujud tetapi ada dan akan selalu ada dan dia bukan “Tuhan” yang menciptakan kita. Lalu, siapa atau apa hakekat dari “semar”. Memang kosa kata kita tidak akan cukup kaya dan logika kita terlalu kerdil untuk menjangkaunya. Maturnuwun, nuwun sewu sekedar urun rembuk saja

  35. triculin mengatakan:

    Semar itu ada. Tapi ia ada bayang-bayangnya saja di kita. Meski begitu setan tak bisa menyamar menjadi Semar. Jangankan menyamar, orang kesurupan saja bisa sembuh jika ditunjukkan gambar semar.

    Kadang di majalah juga ada tulisan-tulisan mengenai sosok semar, sebagai orang jawa dengan nama jawa, hal seperti ini jangan mudah terjebak. karena banyak sekali orang bijak dulu dan sekarang yang lalu dinamai atau menamakan dirinya Semar. Lebih aneh lagi, kadang ia dikatakan seorang muslim dan sekarang sudah moksha di gunung. Padahal umur Semar masih sangat lama. Bumi ini tercipta berkali-kali pun Semar masih ada di alamnya.

    Nama Semar dan penggambaran Semar memang buatan orang Jawa. Tapi ketahuilah bahwa tak ada yang disebut kejawen atau budaya jawa itu. Tak ada yang disebut budaya asli jawa selain cuma kesenian tradisional seperti musik dan senjata.
    Artinya, jawa tak punya philosofi atau agama yang betul-betul milik asli mereka.
    Semua filosofi itu milik India.
    Memang gua kiskenda itu di Indonesia, tapi hindu bukan berasal dari kiskenda, cuma saja wilayah kisah-kisah ramayana itu kan luas.
    Jangan sok pinter lah, membaca aja masih belum bener.

    katakanlah orang tak suka islam atau arab, tapi jangan lalu memuja-muja jawa, karena jawa tak punya ajaran orisinil. Eyang Ajisaka itu bukan orang jawa, dia orang luar yang pindah ke jawa.
    Sedangkan sisanya seperti serat-serat jawa itu, hahahahaha… hahaha… itu kan seperti karya anak SD saja. “baiklah pada tetangga, hormat pada orang”.
    Gak usah sok lah, cukup anak kecil dari india didatangkan ke jawa ia bisa tertawa melihatnya.

    Sebenarnya saya bisa bicara lebih banyak, tapi soal semar sebetulnya tak baik dan tak perlu dibicarakan terlalu dalam atau luas. sosok semar memang ada relevansinya dengan sosok SP, tapi tak baik menggali siapa semar, karena setiap manusia sudah ada jalan apa yang lebih penting untuk ia belajar.

    Lihat apa akibatnya jika dibicarakan, hasilnya seperti tulisan di atas. itu lebihbaik daripada bicara seolah-olah sudah mengerti semar.

  36. triculin mengatakan:

    Serat-serat jawa itu mirip dengan karya confucius, yang tak bisa disandingkan apalagi melebihi karya lao tze.

    Serat-serat jawa itu dibuat berdasarkan realita sosial dan budaya yang ada lalu dibuat analisa batin mengenai itu. Hasilnya ya biasa saja.
    Hahahahahaha…. hahahahaha…..

    Kalau mau diakui itu jangan sok ingin berbuat ini atau itu sekalipun itu baik, karena cuma Tuhan yang tahu apa baik dan benar itu. Karena itulah Setiap periode waktu tertentu diturunkan dewa ke seorang anak agar mengajari lingkungannya tentang benar salah segala sesuatu.

  37. Abdi Ujang mengatakan:

    Kuncung Semar dipasihkeun ka abdi, dinten kemis, kaping 1 januari 2004, gering na dalapan poe, sabab kuncung semar nu jumlah 369 lambar teh aya akaran, atuh ari kitu mah abdi Dewa Kamanusa’an Ismaya Jati teh….

  38. Abdi Ujang mengatakan:

    Tapi….Abdi Ujang, aya wujudna ti handap sausap dampal dugi ka luhur sausap rambut.

  39. bhalanetra mengatakan:

    Saya mulai menerima jika SP itu bukan lahir di mekkah tapi punya darah keturunan muhammad.
    saya juga menerima jika SP yang tinggal di jatim tepatnya kaki lawu ini, tidak suka islam.
    karena dikatakan SP itu yang mengasuh adalah sabdo palon. sedang sabdo palon datang untuk memusnahkan islam. tak mungkin sabdo palon memusnahkan islam sedang asuhannya mendirikan islam.

    • bhalanetra mengatakan:

      “Ngrasuka agama Islam. Kula gantos kang agami, Gama Buda kula sebar tanah Jawa.” – Sabdo Palon.

      “hiya iku momongane kaki Sabdopalon” – Jayabaya.

      • bhalanetra mengatakan:

        Adapun mengenai orang islam yang sok menjadi …. dan ingin dunia yang bebas dari permurtadan SP dkk hal itu adalah mustahil. karena dulu saja sunan kalijaga diketawain sabdo palon saat membuat air wangi.
        kata sabdo palon, beliau lebih dari itu tapi cuma karena hormatnya pada prabu brawijaya saja ia tak melakukannya.
        jadi jangan merasa hebat dengan kekuatan pikiran. meskipun isinya sedang isim allah saja.

  40. bhalanetra mengatakan:

    maksud saya “saya menerima..” saya menerima jika opini kalian begitu. bukan berarti saya percaya untuk diri saya sendiri.

    • bhalanetra mengatakan:

      ilmu saya sudah mantap. debu tulang putih, memegang tangan orang saja cuma ditunggu agar ia lebur sendiri. tak perlu dipelintir lagi.
      siapa yang mau bertarung dengan saya?

      • bhalanetra mengatakan:

        hari ini tak ada berita orang rujuk tampaknya. kalian tak usah menunggu berita semacam itu. lebihbaik kalian sehatkan diri kalian.
        karena kejuaraan beladiri dunia menanti kalian.

        • bhalanetra mengatakan:

          Ilmu Pedang 9 kematian:
          – ilmu sambung urat.
          – ilmu sambung tulang.
          – ilmu sambung nadi.
          – ilmu cakar tulang putih.
          – ilmu panatasan.
          – ilmu baju tulang putih.
          – ilmu silat tulang putih.
          – tenagadalam tulang putih.
          – ravirontek.
          – debu tulang putih.

          • Pengamat mengatakan:

            Tambahan kungfu saya yang lain:
            1. Ilmusilat Harimau Putih.
            2. Kungfu Langkah Ajaib Kosmos.
            3. Kungfu Supersakti.
            4. Kungfu Baju Arahat Emas.
            5. Kalacakra Penghenti Waktu.

            • Pengamat mengatakan:

              Yang akan muncul berikutnya adalah Kungfu Tapak Buddha.
              Tapi belum saya latih kungfu ini.

              • Pengamat mengatakan:

                perubahan wujud saya:

                Supersaiya I: Mengeluarkan jurus terakhir kungfu pedang 9 kematian, debu tulang putih.
                Supersaiya II: Mengeluarkan Kungfu Tapak Buddha.
                Supersaiya III: Mengeluarkan Tapak Buddha final, 1.000.000 Buddha.

  41. Pengamat mengatakan:

    lebihlengkapnya baca:

    http://prabuparikshit.wordpress.com/2011/01/01/3-tahap-perubahan-wujud-sp/

    Meski saya bukan sp karena tak tinggal di kaki lawu, tapi saya bekerja di pihak beliau.
    Tapi saat saya pindah ke sana saya pasti akan mengaku sebagai sp. apalagi ciri lain sebagai SP sudah saya punyai:
    1. Lahir di mekkah.
    2. Yatim piatu.
    3. Tak punya saudara, paman, bibi.
    4. Tak punya kawan, selalu sendiri.
    5. Sering menderita.
    6. Mata cuma satu.
    7. Mukanya mirip krisna (agak hitam) plus watak seperti baladewa (mudah marah).
    8. Non-muslim, berhubung gurunya non-muslim (sabdo palon noyo genggong).

  42. Pengamat mengatakan:

    Sebenarnya SP itu punya saudara.
    Jadi itu cuma kiasan saja (bukan berarti saya ingin itu jadi kiasan).

  43. Pengamat mengatakan:

    Final update Kungfu Pedang 9 Kematian:
    lv1 ilmu ulat sutra.
    lv2 ilmu cakar tulang putih.
    lv3 ilmu penyedot bintang.
    lv4 ilmu baju tulang putih.
    lv5 ilmu silat tulang putih.
    lv6 tenagadalam tulang putih.
    lv7 ilmu iblis darah.
    lv8 ravirontek.
    lv9 debu tulang putih.

  44. Pengamat mengatakan:

    koreksi:
    jurus pedang 9 kematian dari kungfu pedang 9 kematian.

  45. Pengamat mengatakan:

    FINAL UPDATE II:
    Kungfu Pedang 9 Kematian.
    lv1 ilmu ulat sutra.
    lv2 ilmu cakar tulang putih.
    lv3 ilmu penyedot bintang.
    lv4 ilmu baju tulang putih.
    lv5 ilmu silat tulang putih.
    lv6 tenagadalam .. bulan.
    lv7 ilmu iblis darah.
    lv8 ravirontek.
    lv9 debu tulang putih.

    • Pengamat mengatakan:

      untuk yang bertanya apa lv10 “pedang 9 kematian dari kungfu 9 pedang kematian” membuat orang menjadi buddha, jawabannya tidak. itu cuma level kungfu, bukan level meditasi.

    • Bejo Banget mengatakan:

      FINAL UPDATE II:
      Kungfu Pedang 9 Kematian.
      lv1 ilmu ulat sutra………….Bahan kain mahal
      lv2 ilmu cakar tulang putih…..bahan soto ceker
      lv3 ilmu penyedot bintang…….acara cari bakat di tv
      lv4 ilmu baju tulang putih……usaha garmen
      lv5 ilmu silat tulang putih…..kesukaan anjing
      lv6 tenagadalam .. bulan……..dlm setahun gmn?
      lv7 ilmu iblis darah…………ditolak PMI
      lv8 ravirontek………………kata seram dr AIDS
      lv9 debu tulang putih………..muspro hilang tnpa bekas

  46. Pengamat mengatakan:

    jurus pedang 9 kematian dari kungfu 9 pedang kematian tidak mudah dikuasainya. orang itu harus merapal kesembilan jurus dalam hitungan 1 menit.

    • Pengamat mengatakan:

      Sekian dulu. sampai jumpa dilainwaktu.

      • Pengamat mengatakan:

        Manual untuk berlatih semua kungfu saya:

        http://dhammaraja.wordpress.com/ilmu-sembilan-bulan/

        • Pengamat mengatakan:

          Jika kalian menggunakan manual untuk berlatih harimau putih, tidak musti yang keluar harimau putih. sebenarnya yang keluar adalah kekuatan yang khas dari anda. itu bisa apa saja.

          tapi sekalilagi semua itu semua manual itu tidak mudah, bagaimana dari itu berubah jadi jurus itu tidak mudah.
          saya tak bertanggungjawab atas keberhasilan latihan anda.

          • widji midjil mengatakan:

            Dalam ilmu Saudara mungkin bisa menerangkan…..Apa yang keluar dari telapak tangan seseorang dan apa warnanya dan bagaimana coraknya ketika sedang mengobati penyakit di badan sisakit??……..Apa pula yang keluar dari telapak tangan dan apa pula yang tampak dibadan ketika seseorang itu sedang mengusir gaib dibadan penderita yang kesurupan??……Ilmu apa yang dimiliki seseorang ketika semua gaib yang menyerang dirinya seperti hanya menembus bayangan……..Coba terangkan menurut ilmu dan faham saudara……karena menurut saya….saudara seperti guru besar…..

            • widji midjil mengatakan:

              Level berapa orang tersebut??…dan punya ilmu apa??…….Saudara harus bisa menerangkan….karena banyak orang memiliki ilmu tersebut…..Apakah saudara bisa menerawang??…..Apakah kelompok saudara sering menerawang anak anak saya??…..Anak saya mengakui bahwa seseorang yang masih muda dan seperti keturunan cina itu baik dan halus menunjukan persahabatan……Beda dengan 2 orang pribumi yang sepertinya memandang sinis terhadap anak anak saya…..memangnya apa hebatnya dengan ilmunya dengan sikap sinis itu??……Kalau hal sinis itu diulang maka tahu sendiri akibatnya……

              • jangkrik mengatakan:

                haha ilmunya orang tao saja yang mengenal level…nyawa pengamat sp kan nyawa balik dari nyawa china dulu yang pernah tinggal di majapahit..kamu ini bukan trah sini..orang majapahit sudah cukup tertipu dengan orang sebrang…jangan pernah campurkan ilmu kami dengan level kungfu china mu cuk…ancuk..pengamat ancuk

            • Tri Budi Dharma mengatakan:

              jawaban untuk anda tak akan ada. karena nanti cuma membuat orang lain senang.
              kalo dijawab nanti isinya cuma ……

  47. jangkrik mengatakan:

    matek ae koen..kapan pengamat iso ngerik talah….koen iku kan wes ngerti ..anakmu po gak crito talah.. pengamat iku wong sing koyok opo..misale dibeleh we gak metu getihe

  48. Tri Budi Dharma mengatakan:

    ilmu jawa itu lebih rendah dibanding ilmu cina.
    tak percaya, mari duel di lapangan.

  49. thoyib mengatakan:

    Saya menerima SMS dari Pak Tri berbunyi, “saya menantang jangkrik, atau wijil untuk pertarungan ilmu jawa vs ilmu cina. saya berjanji cuma memakai satu jurus, yaitu cakar tulang putih.”

  50. Awaludiin fi mar’ifatullah Lillahi ta’ala. Kosongkeun hate, uteuk jeung emutan abdi, leungit sagala beban hate, uteuk jeung emutan abdi, sakirana hate abdi geus paeh, geus teu bisa sereset-sereset gerentes hate acan, sakirana uteuk abdi geus teu ngemutan naon-naon,
    sak jeroning badan kosong, hening, hampa teu aya naon-naon, geus eweuh antara abdi jeung luas alam semesta.
    Hiji, hiji, hiji.
    Hiji hirup.
    Hiji nu hirup.
    Hiji kahirupan, manunggal dina emutan rasa kaula, Allohu Akbar….
    YAA DATULLAHU
    YAA SIFATULLAHU
    YAA ASMA’LULLAHU
    YAA MARIFATULLAHU

  51. Moal pati aing ngaku-ngaku KURING; ngan sauKUR INGgsun, lamun aing teu boga elmu na.

  52. Tulang Putih mengatakan:

    Saya melihat arjuna dari jauh tampak kesakitan. Ia kesakitan karena tak bisa mendapatkan istri saya.
    hahaha hahahaha
    itulah pengaruh aji pelet pancer sir yang saya kerahkan membuat saingan saya tak bisa apa-apa.
    hahaha hahahaha

  53. Lalaki Pingitan mengatakan:

    Salam Rahayu
    Bung Eddy, ikutan corat-coret ya,
    Tentang Ketauhidan.
    Alloh bhs. Arab, Tuhan bhs. Indonesia, God bhs. Inggris, adalah nama untuk Sang Pencipta Alam Semesta. Aku pun menciptakan sebuah nama yang indah untuk Tuhan ku, yaitu Kanjeng Gusti Ratu Galuh Pandita Sukma Hening, Ratuning Ratu sajagat buana kabeh, nu ngaratuan para Ratu, nu ngarajaan para Raja, nu mingpin para Pamingpin, nu lungsur ti Alam Keheningan, di mana di Alam Keheningan teu aya langit, teu aya bintang, teu aya matahari, teu aya bulan, teu aya planet-planet, kosong, hening, hampa teu aya naon-naon, nu nyakrawati di Alam Dunya.

  54. Lalaki Pingitan mengatakan:

    Silahkan anda menciptakan nama Tuhan mu sendiri dan puja-pujilah nama Tuhan mu sendiri dengan kata atau kalimat yang indah, karena sesungguhnya itu lah JATI DIRIMU, SEJATINYA TUHAN DALAM JIWAMU, dengan perbuatan yang benar, jujur dan lurus.

  55. Lalaki Pingitan mengatakan:

    AMIS, ketika orang jawa mendengar kata amis, dalam pikirannya itu bau hanyir, misalnya ikan atau darah, tetapi ketika orang sunda mendengar kata amis, dalam pikirannya itu rasa manis yang terdapat dalam gula merah atau gula putih.
    Lalu, apa yang ada dipikiran kita ketika mendengar kata “IBLIS”

  56. Lalaki Pingitan mengatakan:

    Ya, Iblis adalah Raja Kegelapan yang akan menyesatkan manusia untuk berbuat jahat. Dan Aku pun berdoa Ya Alloh, Aku pasrahkan segenap hati, pikiran dan jiwaKu untuk dikuasai Iblis agar menjadi manusia yang tersesat, dan Iblis pun tak mampu mengusaiKu, ma’af ya Iblis, Aku terlalu tangguh untuk kau sesatkan. Mengapa Iblis tak mampu menguasai dan menyesatkanKu?

  57. Lalaki Pingitan mengatakan:

    Karena Aku selalu mensugesti dan meyakinkan diriKu, bahwa Iblis itu baik, Iblis itu suci, Iblis itu welas asih dan berbagai macam kata atau kalimat indah untuk memuji dan memuliakan Iblis.
    NB: Alloh, lamun urang eleh gelut ngadu kayakinan jeung Iblis, utus Izrail, Malaikat Maut Sang Penyabut Nyawa, cukup kematian bagiKu.
    (NAJIS TEUING AING KUDU ELEH GELUT JEUNG SI IBLIS, CADU TAH AING MAH)

  58. Lalaki Pingitan mengatakan:

    Dan meledaklah otak manusia karena tidak dapat berbuat benar, jujur dan lurus.
    Wahai manusia, marilah kita berbuat benar, jujur dan lurus karena itu syarat mutlak berdirinya Kerajaan Tuhan Di Muka Bumi, karena jika kalian tidak dapat berbuat benar, jujur dan lurus, maka kalian akan dibinasakan oleh PASUKAN SIRRULLOH….
    NB: AING SERIUS

  59. Lalaki Pingitan mengatakan:

    Siti, Aku akan selalu mendapingimu untuk dapat memahaminya.

  60. PEPE mengatakan:

    PREET

  61. Pangeran Anta Kusumah mengatakan:

    Untuk Sandra Dewi, kalau kebetulan mampir diblognya Bung Eddy, perkenalkan Aku Pangeran Anta Kusumah ti Kawah Candra di Muka. Nama itu pemberian Gatot Kaca putra Bima yang artinya Anta itu kamu (bhs. Arab) Kusumah itu wangi (Nur yang dimasukan Dewa Nitis Wangi ke dalam hati) Kawah itu ca’ang/terang, Candra itu bulan, di Muka itu beungeut/wajah, sementara kuda putih bersayap itu pemberian Sanghyang Tunggal, bapaknya Togog, Semar dan Batara Guru. Ya, Akulah Ksatria Penunggang Kuda Putih yang wajahnya bersinar yang sering hadir dalam mimpi Sandra Dewi.
    NB: Siti, jangan cemburu ya, Aku cuma ingin menegaskan pada Sandra Dewi, bahwa Aku ada bukan khayalan.

  62. Abdi Ujang mengatakan:

    Untuk yang bertanya, mengapa setelah membaca tulisan Dewa Kamanusa’an, hati selalu berkata, berkata dan berkata. Itu tandanya anda terkena panah kesedihannya Sidharta Gautama yang akan mengaduk-aduk hati dan perasaan anda sehingga hati selalu berkata-kata. Makanya gunakan ilmu pemecah konsentrasi, kalau cara saya, saya suka menatap cewek cantik itu pun sebatas curi-curi pandang karena saya pemalu, kalau anda tidak suka cara saya, silahkan cari cara yang lain, misalnya naiklah ke tempat yang tinggi, kemudian berteriaklah sepuas-puasnya seperti orang gila, tapi jangan terus loncat ke bawah nanti dikira mau bunuh diri lagi, STREEEEEESSS.

  63. Ujang mah lungguh mengatakan:

    ENTAH PENTING, ENTAH TIDAK.
    DAJAL mata satu, ari DAJAL teh DA JALma, JELEMA mereJEL na beuteung EMA, jadi ari dajal teh manusa-manusa keneh, mata satu artinya hanya melihat dunia saja, hidupnya hanya melihat kesenangan duniawi saja, tidak ingat kehidupan akherat. Sedangkan yang dimaksud asuhan Sabda Palon bermata satu yaitu hanya melihat satu kebenaran, bangkit/bangunnya ruh sejati yang tertidur, supaya ulah kabobodo tenjo kasamaran tingali, nu lain di enya-enya, nu enya dilain-lain.

  64. Abdi mah bageur mengatakan:

    Siti, Aa suka nama Siti, ingat dulu waktu SMA, ada cewek namanya Siti naksir Aa, tapi karena Aa nya pemalu jadi ndak pernah pacaran, hay-hay tapi er-er.
    NB: Ya Alloh, berilah aku rasa malu yang melebihi rasa malu wanita.
    (Alloh, dugi ka iraha atuh abdi teh janten lalaki isinan, gara-gara doa eta, abdi janten lalaki pingitan, tiasa teu Alloh, doa eta dicabut deui ku abdi…?????)

  65. ENTAH PENTING, ENTAH TIDAK.
    Yang dimaksud tongkat para Nabi dan Rosul yaitu tongkat dalam bahasa sunda itu “UTEUK”.
    Uteuk yang berarti tongkat dan uteuk yang berarti otak/pikiran.
    Sauteuk, sapemikiran, sapaham, sapamadegan, saideologi, sapandangan dengan seluruh kekuatan jiwa-jiwa suci para pemilik kebenaran sejati.
    Emutan kuring, emutan Alloh, MUSTIKA ALLOH, mudah-mudahan sudah pada mendapat MUSTIKA ALLOH bagi mereka yang BENAR, JUJUR dan LURUS.

  66. Bingung nulis id. mengatakan:

    SETAN = sereSET gerentes hate bedAN (tersirat kata hati jelek/niat jelek/buruk sangka)
    Apa dalam hati saya ada setannya ya….?????
    NB: Sering-seringlah menunjuk diri sendiri/ngoreksi diri.
    Tong nempo nu jauh, neang nu anggang, kaweruhan jeung ka’ahengan elmu Alloh aya dina awakna sewang-sewangan, lamun daek ngorehanna.
    Ma’af, tak maksud menggurui.

  67. Angga Jaya Kusumah mengatakan:

    ELMU KASAMPURNAAN.
    Rukun Islam:
    1.Sahadat
    2.Sholat
    3.Zakat
    4.Puasa
    5.Munggah haji
    Kunaon pang ayana sahadat?
    Kusabab ayana Johar Awal, Cahaya Alloh, Cahaya Rosul, di urangna aya ruh.
    Kunaon pang ayana sholat?
    Kusabab ayana Cahaya Beureum, di urangna aya getih jeung daging, nu kaluarna tina cepil, sifatna ngadangu (Alloh maha mendengar) napsuna amarah, duniana seuneu.
    Kunaon pang ayana zakat?
    Kusabab ayana Cahaya Bodas, di urangna aya tulang, nu kaluarna tina panon, sifatna ningali (Alloh maha melihat) napsuna lawamah, duniana cai.

    Kunaon pang ayana puasa?
    Kusabab ayana Cahaya Koneng, di urangna aya sungsung jeung balung, nu kaluarna tina pangambung, sifatna kanggo ngangse (Alloh maha hidup) nafsuna salwiah, duniana angin.
    Kunaon pang ayana munggah haji?
    Kusabab ayana Cahaya Hideung, di urangna aya bulu bu’uk jeung kulit, nu kaluarna tina baham, sifatna kanggo nyarios (Alloh berfirman) nafsuna mutmainah, duniana taneuh/bumi.

  68. Angga Jaya Kusumah mengatakan:

    Munggah haji, mungguh ngahiji jeung Alloh, lir ibarat gula jeung manis, gula rasana manis, manis ayana dina gula/garam dengan asin, garam rasanya asin, asin ayana dina garam.
    2 cepil, 2 panon, 2 pangambung, 1 baham eta nu disebut “RATU TUJUH” Isro Mi’raj na Nabi Muhammad Saw kaluhur ka langit ka tujuh.
    Konci Muhammad.
    Angkat jeung para Rosul
    Mi’Dat jeung para Nabi
    Ucap manah Yahu Alloh
    Pangambung katilu cepil, paningal sifatna Alloh, badanna, badan rohani
    Nur Cahyaning Alloh, sumirat cahyaning murub, Cahyaning Pangeran.
    Lumaku jeung para Rosul
    Mi’raj jeung para Nabi
    Ucap manah Yahu Alloh
    Pangambung katilu cepil, paningal sifatna Alloh, badanna, badan rohani, Allohu Akbar….
    tutup cepil, tutup panon, tutup pangambung, tutup baham.
    7 kali/7angkatan.
    NB: Hayu atuh kita ke langit ke tujuh ketemu Alloh. (Aku hanya akan mengunjungi mereka yang Benar, Jujur dan Lurus/ikhlas)

  69. Angga Jaya Kusumah mengatakan:

    SAKALI DEUI….!!!!!
    Tong nempo nu jauh, neang nu anggang, nu deket geura caketan, nu caket geura raketkeun, aya naon dina sakujur awak, kaweruhan jeung ka’ahengan elmu Alloh, aya dina awakna sewang-sewangan, lamun daek ngorehanna.
    NB: ANGGAuta. Alloh, yeh abdi ayeuna tos nyandak balad.

  70. Angga Jaya Kusumah mengatakan:

    ENTAH PENTING, ENTAH TIDAK.
    Yang dimaksud Singgasana Korsi Gading Gilang Kancana Batara Guru Sanghyang Oti Pati Jagat Nata nya eta ari Gilang teh emutan/pikiran, ari Kancana teh diri yaitu kekuatan dari dalam diri untuk mengendalikan 4 unsur kekuatan alam semesta, acining seuneu, acining cai, acining angin, acining bumi satunggal raga kaula.
    NB: Nya, ceuk aing oge, kaweruhan jeung ka’ahengan elmu Alloh teh aya dina awakna sewang-sewangan, kari daek ngorehanna, nu matak “SIAPKEUN WADAHNA….!!!!!”

  71. Johny Handsome mengatakan:

    BUKAN NARSIS.
    Hand = tangan.
    Some = beberapa.
    Jadi Johny Handsome adalah Johny yang punya beberapa tangan, bisa bertangan 4/bertangan 12 dan Batara Guru Sanghyang Oti Pati Jagat Nata, Raja Tri Loka pemimpin para Dewa pun menyukai id. Johny Handsome.
    “JIKA KALIAN MENGINGINKAN KORSI GADING GILANG KANCANA (KEDUDUKAN) SOK ATUH SIAPKEUN WADAHNA.”

  72. Johny Handsome mengatakan:

    Sepertinya ada yang telmi/telat mikir, ya sudah saya terangkan sekali lagi.
    Johny itu nama saya.
    Hand itu tangan.
    Some itu beberapa.
    Jadi Johny Handsome adalah saya punya beberapa tangan, bisa bertangan 4/bertangan 12, sedangkan Dewa bertangan 4 dan kalau sedang marah bisa bertangan 12 yaitu Batara Guru Sanghyang Oti Pati Jagat Nata, Raja Tri Loka, pamimpin para Dewa, Singgasananya, Korsi Gading Gilang Kancana itu lambang kedudukan/jabatan untuk kalian yang benar, jujur dan lurus.
    NB: Johny Handsome adalah film yang diperankan oleh Micky Roucke, kalau ndak salah film itu beredar waktu saya masih SMP.

  73. Khalifah al Mahdi - 666 mengatakan:

    He..he..he.. Semar Sang Pamomong Nuswantoro adalah sosok manusia yang dapat mengemong atau mengajari penduduk Nusantara ini bagaimana harus menjalani kehidupan secara benar. Dan untuk ini Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu yang juga Khalifah al Mahdi atau 666 telah menjalankan tugas ini dengan baik. Lebih dari 5000 halaman rangkaian peringatan yang telah disampaikan termasuk uji coba kedigdayaan Angkatan Perang Amerika Serikat dan Mbah Dukun Amerika Serikat dkk adalah sebuah bukti nyata yang tidak terbantahkan. Dan tak lama lagi gempa 9.8 SR di kepulauan Mentawai dan tsunami pantai barat yang telah diperdahsyat dengan juga terjadinya gempa dan tsunami di sepanjang pantai selatan tanah Jawa disusul kutukan Tuhan kolosal di atas tanah Jawa yang menimpa sejuta orang akan menjadi pelajaran berikutnya yang berguna bagi penduduk Nusantara ini.

  74. Khalifah al Mahdi - 666 mengatakan:

    Ada hal yang harus dipahami bahwa kebudayaan India itu sebenarnya adalah tiruan dari kebudayaan Atlantis yang telah tenggelam 11600 tahun yang lalu sementara situs Kekaisaran Atlantis yang mendunia dan melegena itu ternyata berada di paparan Sunda yang sekarang menjadi Laut Jawa. Jadi telah terjadi migrasi budaya dari Nusantara ke India kemudian balik lagi ke Nusantara. Inilah kuncinya mengapa banyak cerita asli Nusantara ini cocok dengan cerita India. Pada masa Kekaisaran Atlantis itu yang usianya mencapai 100 ribu tahun juga telah turun para Nabi dan Rasul dan hal ini sesuai dengan jumlah para Nabi adalah 124000 orang dan Rasul adalah 312 orang. Yang dikabarkan oleh Al Qur’an hanyalah 25 orang saja. Oleh karena itu cerita Dajjal si mata satu juga telah ada sejak jaman dulu kala dan masuk dalam cerita pewayangan. Kemunculan Dajjal ini rupaya sangat penting karena menjadi tanda kembalinya dunia ke abad emas, masa kekhalifahan dengan manhaj kenabian yang didahului kehancuran besar dalam Al Malhamah atau huru-hara yang didahului oleh Penghakiman Langsung Negri Amerika Serikat yang dengan ijin Allah SWT akan terjadi Minggu 21 Agustus 2011 mulai jam 22.10 waktu Washington DC. Para malaikat yang turun ke dunia pada masa lalu disebut Dewa dan Semar kemungkinan adalah nama salah satu malaikat tersebut atau mungkin nama lain untuk Jibril. Jimat kalimasada sebenarnya adalah nama lain untuk dua kalimat syahadat. Semuanya menjadi jelas dan tahun dewo wolu ngastha manggalaning ratu atau tahun lawan sapta ngesthi aji yaitu tahun sekarang ini dimana 2011M, 1933 Saka dan 1433 H nanti beririsan akan memunculkan Ratu Adil rakyat Jawa yaitu Khalifah al Mahdi yang juga akan mejadi Ratu Adil Dunia bersama Imam Mahdi dan Nabi Isa as.

  75. Marcus Soemarthono mengatakan:

    Cerita Adam dan Hawa dalam Kitab Kejadian sama seperti sekotak Wayang dalam budaya jawa, sama sama gambaran diri manusia secara lengkap. Semar dengan segala kesaktiannya juga bagian dari Sifat Manusia. Jika Sabdo Palon mengaku sebagai Semar, maka Sabdo Palon juga bisa berarti sifat manusia.

    Yang lebih penting, semua itu adalah sebuah karya kesusastraan tingkat tinggi yang harus dibaca dengan sangat hati hati dan dimaknai pesannya juga dengan sangat hati hati.

    Ada ungkapan, belajarlah sampai ke negeri Cina. Disana ilmu pengetahuan yang paling tinggi adalah kesusastraan, begitu yang diajarkan di dalam istana. Jika seseorang dengan kemampuan ilmu kesusastraan yang terbatas membaca karya sastra tingkat tinggi, wuah bisa dipastikan yang ditangkan dan terjemahnya akan sangat jauh berbeda. Kaum Yahudi sebagai penulis Kitab Kejadian (Karya Kesusastraan) juga memahami pesan belajar sampai ke Cina. Karya Kesusastraan tidak beda dengan KUHP yang kalau kita baca mesti lengkap dengan titik komanya, kalau tidak maka penafsirnya jadi salah. Demikian juga banyak orang membaca Al-Quran, Injil, atau lainya sepotong sepotong sehingga artinya menjadi lain. Apalagi bila tidak ditulis dalam bahasa ibu, tentu tidak mudah menterjemahkannya.

    Hal yang penting adalah menangkap pesan moral yang disampaikan penulis. Soal kebenaran siapa sejatinya Sabdo Palon bukan hal yang utama. Pertanyaan yang muncul soal kebenaran adalah “Apakah ada ajaran agama yang tidak mengajarkan kebaikan?” Semua orang tentu setuju pasti tidak. Dari apa yang saya tangkap setiap baca cerita karya sastra tentang moral, gampangnya cuma berebut pengaruh. Sayangnya ada orang orang yang sampai hati melukai yang lain.

    Siapa bisa cerita soal alam kematian secara jelas, tentu dia sudah pernah tinggal disana. Kalau belum pernah tinggal disana, kenapa kita mesti meributkan sesuatu yang sama sama belum pernah dijalani. Yang penting bagaimana menjalani hidup dengan Jujur, tetep dan mantep.

  76. Telah Aku sembunyikan nama Alloh Hyang Maha Esa dalam lubuk hatiKu yang paling dalam, telah Aku tutup kata hatiKu, telah Aku kunci alam pikiranKu, telah Aku putuskan tali silaturahmi jiwaKu dengan seluruh umat manusia, makanya kalian percuma menyebut dan memanggil-manggil namaKu tanpa keikhlasan dari lubuk hatiKu yang paling dalam.

  77. jasabdapalansa atmakertanegara mengatakan:

    ASSALAMUALAIKUM WRWB

  78. ????? mengatakan:

    Sekarang Aku sudah tidak punya nama, karena Aku sudah “hilang” dalam 20 sifatNya.

  79. Alif Lam Lam He mengatakan:

    Permisi Pak Eddy, numpang lewat sebentar saja.
    Kata Alloh: “Telah Aku musnahkan seluruh kekuatan manusia, telah Aku hancur leburkan seluruh kesaktian manusia, sehingga mereka menjadi manusia yang lemah, miskin, hina dan bodoh, tiada daya dan tiada upaya hanya Aku yang kuasa.”
    Begitu kataNya, bukan kata Aku lho….
    NB: Buat blog sebelah, saya cuma numpang lewat doang.
    Mudah-mudahan blog Pak Eddy selalu sepi dari komentar.

  80. jemi mengatakan:

    Ehm….. ! pantesan indonesia di jajah Belanda sampai 350 Tahun dan oleh Jepang 3,5 tahun. ini toh jawabannya ? ternyata bangsa KITA hanyalah sekumpulan orang orang BODOH. Kalau Kalian merasa hebat, BERSATULAH !!! Hancurkan semua bentuk KORUPSI di Indonesia. itu namanya HEBAT bukan sekedar omong doang. Ko ga pernah punya rasa malu bisa itu bisa ini tapi tidak bermanfaat. lantas buat apa ??????????????

  81. Buat semua musuhKu, “AYO KITA PERANG!” Aku binasakan kalian semua mati, Aku musnahkan kalian semua sampai keakar-akarnya, belum lega rasanya hatiKu, sebelum menumpas habis semua musuhKu, belum puas rasanya hatiKu, sebelum menghancurleburkan semua musuhKu.
    Jika ada musuhKu yang berani nekad mendekatiKu, “BUNUH MEREKA!”, karena telah Aku haramkan untuk berbai’at dengan semua musuhKu.
    Siapapun yang menghalangiKu untuk mendirikan “SINGGASANA KERAJAAN TUHAN DI MUKA BUMI”, Aku bunuh mereka semua sampai mati.
    Tidak ada sejengkal tanah untuk berpijak di muka bumi ini, bagi mereka yang menentangKu.
    Satu hal yang harus kalian camkan baik-baik, sudah lama Aku menunggu waktu yang tepat untuk melepaskan seluruh energi angkara murka yang tersimpan dalam dadaKu.

  82. Hei semua musuhKu, “BERHATI-HATILAH!”, karena Aku pasti mencabut nyawa kalian semua pada waktu yang tak pernah kalian duga.
    Tidak ada tempat di muka bumi ini, untuk kalian bersembunyi, tidak ada satu nama yang dapat melindungimu dari kematian, tidak ada satu doa apa pun yang dapat menyelamatkanmu dari murkaKu, karena ini hari pembalasan atas segala dosa yang telah kalian perbuat.
    Nb: Blog sebelah komentar saya kabur kemana ya?

  83. Buat seseorang telah Aku dengarkan lagu Dewi-Dewi yang berjudul “Begitu Salah”.
    Mau bagaimana lagi, ya Begitu (Benar) lah Aku.

  84. Bukan untuk siapa-siapa, karena ini dari Aku, oleh Aku, untuk Aku, Aku tahu, bahwa Aku sudah diketahui, tapi Aku pura-pura tidak tahu, bahwa Aku sudah diketahui, seperti itulah Aku melihatmu. Aku tidak ingin diketahui oleh siapapun juga, apa yang telah Aku lakukan, apa yang sedang Aku lakukan dan apa yang akan Aku lakukan, biarlah hanya Aku dan Dia (Hyang Maha Esa) yang mengetahuinya, karena Aku adalah Dia (Hyang Maha Esa) sebagai Aku, The Man From Jati Niskala, “Aku Single Figther”. Aku hanya tertarik pada Dia (Hyang Maha Esa), tidak ada sedikitpun yang menarik dari dirimu (kaum lelaki), agar Aku memperhatikanmu, kalaupun Aku tertarik pada mahluk ciptaanNya, hanya pada wanita cantik, awewe geulis, beautiful girl.

  85. anjrit mengatakan:

    when you squeeze and orange you get an orange juice because that’s what’s inside. the very same principle is true about you. when someone squeezes you, puts presure on you, what comes out is what’s inside. and if you don’t like what’s comes out from inside you, change it; by changing your thoughts.

    Kalo menerjemahkan pemikiran apapun dengan dasar ilmu yg beda hasilnya beda juga…. si A dengan ajaran A bisa jadi menghasilkan just dengan wangi ajaran Anya si B dengan B yah wangi dengan ajaran B nya….

  86. raden mengatakan:

    sebenarnya nabi muhamad itupun tidak ada,,hanya bernama ahmad yg mendapat gelar muhamad,,,yg disebut muhamad berarti ilmu ketuhanan..dan yg bernama ahmad orang yg telah menerima muhamad sebagai cahaya dari kegelapan di setiap diri manusi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s