Satrio Piningit
Antara ada dan tidak ada
Antara percaya dan tidak percaya.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang unik di dunia ini. Banyak hal yang aneh bahkan mustahil dan tidak masuk akal bisa terjadi di negri ini. Ilmiah dan non ilmiah secara bersamaan mengisi setiap ruang Nusantara seakan-akan fisik dan non fisik sudah tidak ada bedanya lagi. Keduanya bekerja hidup dan berjalan bersamaan mewarnai kehidupan. Tak heran jika rakyat Indonesia suka dengan hal-hal yang bernada tidak ilmiah, tidak masuk akal dan yang sejenisnya.

Demikian juga dengan kabar akan munculnya Satrio Piningit yang sejak tahun 2006 begitu deras berhembus mewarnai setiap pembicaraan masyarakat di negri ini. Ada yang percaya ada yang tidak percaya, ada yang senang juga ada yang tidak senang dengan kabar akan munculnya satrio tersebut. Terlepas dari senang atau tidak senang juga percaya atau tidak percaya, obyek Satrio Piningit telah terlanjur menjadi topik pembicaraan yang meluas di seluruh wilayah Indonesia khususnya Jawa. Lantas apa yang diketahui atau dibicarakan rakyat tentang Satrio Piningit tersebut.

1. Menurut Leluhur Nusantara.
Jauh-jauh hari sebelum semua peristiwa kurang menyenangkan di Indonesia saat ini terjadi, beberapa leluhur Nusantara telah mengetahui akan hal ini yang merupakan pertanda akan kemunculan Satrio Piningit. Sebut saja ada Prabu Joyoboyo, Prabu Siliwangi juga Ronggowarsito dan yang lainnya. Sudah barang tentu para leluhur tersebut belum pernah bertemu dengan Satrio Piningit, mereka menggunakan kemampuan supranaturalnya untuk mengetahui masa depan negri ini termasuk juga kemunculan si satrio itu.

Dalam hal ini Prabu Joyoboyo merupakan leluhur yang paling banyak mengetahui tentang Satrio Piningit. Beliau menuliskannya dalam naskah yang kita kenal dengan Jongko Joyoboyo. Dari pada kita-kita rakyat Indonesia saat ini, sepertinya Prabu Joyoboyo lebih mengerti tentang Satrio Piningit terbukti dalam jongkonya didapati berbagai sisi satrio itu. Apa itu pribadinya, rumahnya, keluarganya, kesaktiannya, perangnya, senjatanya, pengasuhnya, pasukannya, keadaan Indonesia bahkan makhluk halus juga tidak lepas dibicarakan dalam Jongko Joyoboyo.

Banyaknya tulisan Prabu Joyoboyo dalam jongkonya menunjukkan bila pengertian dan pengetahuan Prabu Joyoboyo terhadap Satrio Piningit begitu luas dan dalam. Akan tetapi sayangnya rakyat Indonesia saat ini banyak yang tidak percaya dengan isi Jongko Joyoboyo, padahal nyata-nyata banyak yang telah terwujud. Apa mau dikata yang namanya tidak percaya mau dibolak balik setengah mati ya tetep saja tidak percaya. Nanti bila si satrio itu muncul baru semuanya akan menjadi percaya secara otomatis.

Tidak kalah dengan Prabu Joyoboyo, Prabu Siliwangi juga memberikan beberapa gambaran mengenai kemunculan Satrio Piningit. Dalam Ugo Wangsit Siliwangi disebutkan beberapa hal seperti ada pohon Handeuleum dan Hanjuang di depan rumah si satrio, satrio pergi ke Lebak Cawene bersama pemuda berjanggut, rumahnya di ujung sungai dan yang lainnya. Memang tidak banyak Ugo Prabu Siliwangi, namun yang sedikit itu menunjukkan sang prabu mengerti benar siapa Satrio Piningit. Kini tinggal kita-kita ini yang harus menafsirkan Ugo Prabu Siliwangi tersebut.

Selanjutnya juga Ronggowarsito sempat menyebutkan Satrio Piningit sebagai Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu. Ronggowarsito sepertinya mengerti juga siapa Satrio Piningit, namun karena penyebutannya didahului dengan penyebutan 6 satrio maka pengertian Ronggowarsito cenderung melihatnya sebagai sosok pemimpin yaitu presiden Indonesia. karena penyebutan satrio-satrio itulah maka kita tinggal mengurutkan saja dan menebak kapan Satrio Piningit akan muncul untuk menjadi pemimpin di Indonesia.

Dari 3 penuturan di atas yaitu Prabu Joyoboyo, Prabu Siliwangi dan Ronggowarsito, nampak jelas pengertian mereka terhadap Satrio Piningit begitu baik dan seperti tidak ada celah kekurangannya. Sekarang tinggal kita ini mau mengerti tidak akan kemunculan satrio tersebut berdasar pada pengertian para leluhur yang telah ditulisakan dalam beberapa naskah. Seandainya saja semua rakyat Indonesia mau mengerti dan mempercayai niscaya dapat mempersiapkan diri sebelum tiba waktu munculnya Satrio Piningit yang didahului dengan goro-goro di seluruh negri.

2. Pengertian Rakyat Indonesia.
Setelah leluhur meninggalkan pesan-pesan dalam naskah-naskah yang hingga saat ini masih ada dan terjaga keasliannya, maka sekarang kita sebagai rakyat Indonesia harus mencoba mengerti maksud leluhur seperti yang tertulis dalam naskah tersebut. Dari usaha untuk mengerti maksud leluhur inilah maka di masyarakat akan kita dapati beragam pengertian mengenai Satrio Piningit. Ada yang mempercayai bila yang tertulis dalam naskah itu diartikan apa adanya ada juga yang harus menafsirkannya. Beberapa diantara pengertian rakyat Indonesia tentang Satrio Piningit seperti :

a. Percaya atau tidak percaya.
Sebutan Satrio Piningit muncul dari ramalan leluhur Nusantara. Oleh karena ramalan inilah maka rakyat Indonesia mengambil sikap yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Bila dibanding-bandingkan jumlah antara yang percaya dengan yang tidak percaya akan kemunculan satrio tersebut, sepertinya lebih banyak jumlahnya yang tidak percaya dengan serangkaian alasannya. Meskipun beberapa ramalan sudah terwujud menjadi kenyataan, tetapi namanya tidak percaya ya tetep saja tidak percaya.

Untuk pihak yang percaya akan kemunculan Satrio Piningit sebagai Ratu Adil sejati, kira-kira apa yang harus dilakukan. Mengingat leluhur yang meninggalkan naskah tersebut bukan untuk membohongi anak cucu bangsa Indonesia, tetapi sebaliknya untuk memberi kabar baik dan buruk akan masa depan negri ini. Mau meyakinkan mereka yang tidak percaya sepertinya kerepotan, belum lagi ada embel-embel politik yang bisa saja kita malah dicurigai oknum parpol. Maka itu dibuat tulisan kontrofersi ini sebagai salah satu usaha ke arah tersebut.

b. Satrio Piningit berbeda dengan Ratu Adil.
Sekarang dari sebutan Satrio Piningit dengan Ratu Adil, ini juga beda-beda pendapatnya. Ada yang meyakini dengan seyakin-yakinnya bila Satrio Piningit itu sosoknya berbeda dengan Ratu Adil. Ratu Adil dipercaya sebagai rajanya yang kelak menjadi presiden RI dengan alasan ratu sama dengan raja juga sama dengan presiden. Sementara Satrio Piningit dipercaya sebagai patihnya yang dalam hal ini akan diposisikan sebagai panglima perang untuk membebaskan negri ini dari penjajahan.

Akan tetapi banyak juga rakyat Indonesia yang meyakini bila Satrio Piningit itu ya Ratu Adil (sosok yang sama). Disebut Satrio Piningit karena dia belum menjadi Ratu Adil, artinya masih disembunyikan atau masih dipingit dalam penggemblengan dan pelatihan dari Sang Pencipta. Nanti setelah penggemblengan selesai baru dia muncul menjadi Ratu Adil di Indonesia dan pada saat itu tentunya gelar piningit otomatis akan hilang karena telah muncul di tengah-tengah rakyat Indonesia.

c. Jenis Kelamin Satrio Piningit.
Pendapat orang mengenai apakah Ratu Adil itu laki-laki atau perempuan rupanya seru juga. Mau ngotot (Jawa) bersikeras dengan keyakinannya kok seperti buang-buang tenaga saja karena setiap pendapat punya alasan, punya referensi yang dapat dipertanggungjawabkan. Jadi tidak salah orang akan berpendapat apakah Ratu Adil itu sebenarnya laki-laki ataukah perempuan. Lagian juga mengapa kalo laki-laki mengapa juga kalo perempuan.

Perbedaan pendapat mengenai jenis kelamin Satrio Piningit dipicu oleh penyebutan Ratu Adil dalam Jongko Joyoboyo. Bila mau mengerti itu bukan sembarang penyebutan, tentunya Prabu Joyoboyo memiliki alasan yang sangat kuat memberi gelar Ratu Adil pada Satrio Piningit. Terlepas dari apa maksud sebenarnya Prabu Joyoboyo memberi sebutan Ratu tersebut di masyarakat telah terlanjur beredar keyakinan yang berbeda apa si Satrio Piningit itu laki-laki atau perempuan.

d. Mengenai Kesaktian Satrio Piningit.
Yang satu ini tidak diragukan lagi bila Satrio Piningit memang memiliki kesaktian. Prabu Joyoboyo jelas-jelas menyebutnya dalam bait-bait terakhir Jongkonya. Rakyat Indonesia ada yang percaya bila si satrio memang memiliki kesaktian tetapi sebaliknya juga banyak yang menyangkal bila di zaman sekarang ada orang sakti mandraguna. Ya begitulah susahnya menafsirkan ramalan para leluhur padahal nyata-nyata ditulis sakti yang pasti ditafsirkan orangnya sakti. Tapi apa mau dikata namanya juga pendapat dan keyakinan.

Bagi rakyat Indonesia yang meyakini Satrio Piningit kelak akan menjadi presiden RI, ada diantaranya yang meyakini si satrio tidak sakti. Mereka lebih cenderung menampakkan sisi-sisi kemampuannya sebagai pemimpin negara yang akan memimpin dengan baik dan sukses berbeda dengan pemimpin-pemimpin negri ini sebelumnya tanpa ada embel-embel kesaktian. Jadi menurut pengertian sebagian pihak, Satrio Piningit bukanlah orang sakti tetapi merupakan pemimpin yang sukses tanpa kesaktian.

e. Keberadaannya saat ini.
Dimanakah Satrio Piningit saat ini? Beragam jawaban akan anda dapati bila ditanyakan pada masyarakat. Ada yang bilang di daerah ini, di daerah itu dalam pulau Jawa, ada juga yang bilang si satrio ada di luar negri lagi menuntut ilmu. Dari segi tempat tinggalnya ada yang bilang saat ini dia hidup di pegunungan. Ada yang bilang sedang bertapa di gua bahkan juga ada yang berpendapat si satrio saat ini ada di Lebak Cawene yang belum jelas dimana itu Lebak Cawene. Masih satu lagi yaitu ada yang percaya bila si satrio itu belum dilahirkan saat ini.

Ntah mana yang benar dan mana yang salah pendapat dari pengertian rakyat Indonesia mengenai keberadaan Satrio Piningit. Sepertinya hanya waktulah yang akan memberikan jawabannya. Namun dalam hal ini ada 2 kubu besar yang berbeda. Kubu pertama orang-orang yang meyakini si satrio ada di suatu tempat dan kubu kedua orang-orang yang belum tahu sama sekali Satrio Piningit ada dimana. Bagi kubu pertama tentunya akan langsung menjawab tegas tempatnya dimana tapi bagi kubu kedua hanya berpendapat dia ada disini atau ada di situ dan sebagainya.

f. Waktu kemunculan.
Waktu kemunculan Satrio Piningit adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Akan tetapi lagi-lagi rakyat Indonesia berbeda-beda keyakinan mengenai hari bulan bahkan tahun kemunculannya. Soal hari dan bulan mungkin orang tidak akan berani memperkirakan kapan tiba saatnya. Namun mengenai tahun kemunculannya untuk beberapa atau sebagian orang berani memperkirakannya. Dengan berbagai macam alasan, fakta, rujukan juga secara supranatural dalam menentukannya.

Tengok saja pada tahun 2006 lalu, orang banyak yang menduga Satrio Piningit muncul tahun 2006 karena ada peristiwa letusan gunung Merapi di Jogja, tapi ternyata tidak muncul juga. Saya EddyCorret pada mulanya menafsirkan akan muncul akhir Desember 2008, eh ternyata tidak juga. Ada yang meyakini menjadi presiden 2009, yang ini juga tidak terbukti. Akhirnya pendapat orang berkembang lagi, ada yang meyakini Satrio Piningit muncul 2014, ada yang bilang masih lama di atas 2014. Sepertinya hanya Tuhan Sang Pencipta saja yang Maha Mengetahui waktu kemunculan Satrio Piningit.

g. Satrio Piningit palsu.
Hidup di Indonesia menjadi semakin berwarna ketika dijumpai beberapa orang mengakui bahwa dirinyalah Satrio Piningit atau Ratu Adil. Bukan hanya Ratu Adil saja yang kelasnya Indonesia, akan tetapi ada juga yang mengaku Nabi Isa, Imam Mahdi, Nabi Baru, Rosul baru. Munculnya sosok-sosok ini otomatis akan memberikan pengertian sendiri bagi rakyat Indonesia yang telah lama menunggu kehadiran Satrio Piningit. Bagi yang percaya, maka dia akan menjadi pengikut sosok-sosok itu, tapi bagi yang tidak percaya maka langsung akan menolaknya dengan berbagai alasan.

Secara langsung maupun tidak langsung, kemunculan sosok-sosok tersebut akan memberikan pengertian baru tentang Satrio Piningit. Rakyat Indonesia akan berfikir apakah Satrio Piningit itu ya juga Nabi Isa atau Imam Mahdi atau Nabi baru Rosul baru. Untuk hal satu ini akan berfareasi pengertiannya, yang satu mungkin mengiyakan dan yang lain akan menolaknya. Tapi ada lagi yaitu diantara Satrio Piningit palsu mengaku punya kesaktian. Rakyatpun juga akan berfikir apakah kelak Satrio Piningit sejati punya kesaktian dan masih banyak pengertian lain dampak dari kemunculan yang palsu.

Apabila mau menelusuri atau bahkan melakukan penelitian mengenai pengertian rakyat Indonesia tentang Satrio Piningit, niscaya akan didapati beragam pengertian dan keyakinan. Apa yang disebutkan di atas dari a sampe g hanya beberapa contoh diantaranya. Masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa diuraikan dan tidak akan cukup hanya dengan beberapa lembar halaman saja. Namun demikian beberapa dari hal-hal di atas akan dapat menjadi tolok ukur pengertian rakyat Indonesia tentang Satrio Piningit.

3. Penglihatan secara Supranatural.
Pengertian rakyat Indonesia tentang Satrio Piningit beragam pendapatnya. Apabila diperiksa pengertian rakyat yang beragam tersebut, pangkalnya dari naskah-naskah leluhur yang tentunya tidak terbuka membicarakan tentang satrio itu. Leluhur hanya memberikan sedikit gambaran akan kemunculannya dan selanjutnya kita rakyat Indonesia inilah yang harus menafsirkan naskah tersebut untuk diperoleh apa yang sebenarnya dimaksud. Ini bagi yang percaya naskah leluhur, bagi yang tidak percaya akan langsung menolaknya.

Akan tetapi sebagian rakyat Indonesia tidak puas hanya dengan menafsirkan apa-apa yang tertulis dalam naskah-naskah itu. Beberapa diantaranya akan menggunakan kemampuan supranatural atau juga kesaktiannya untuk melacak kebenaran dari kemunculan Satrio Piningit. Tidak ada bedanya dengan menafsirkan langsung dari naskah leluhur, penerawangan dengan supranatural juga beragam hasilnya. Hal ini akan menambah mudah atau bahkan menambah sulit untuk mengetahui siapa sebenarnya Satrio Piningit.

Sebut saja Spiritualis Ki Ponco Waskhito salah satunya yang memiliki kemampuan supranatural menuturkan bila Ratu Adil yang akan muncul nanti memiliki kesaktian yang rada aneh untuk dimengerti. Menurut ki Ponco Waskito dahulu ki Ageng Selo memiliki kemampaun dapat memegang petir, tetapi untuk Ratu Adil yang akan muncul sebentar lagi di Indonesia, katanya memiliki kemampauan dapat memegang pancaran sinar dari bintang di langit. Ntah apa maksud yang dikatakan ki Ponco Waskito tersebut.

Coba anda bayangkan sejenak, petir yang biasa kita dengar gemuruhnya pada musim hujan dan kita lihat dengan kedua mata menyambar-nyamabar bisa dipegang dengan tangan oleh ki Ageng Selo. Ini bukan lagi hal aneh tetapi sudah di luar akal pikir manusia. Itu petir yang keberadaannya di bawah awan mendung, belum lagi sinar bintang yang ntah berapa jaraknya bintang dan sinarnya dari bumi. Kok dikatakan kelak si satrio itu bisa memegangnya. Mau dinalar-nalar kok ya tetep saja tidak masuk akal.

Dari satu informasi yang dikeluarkan ki Ponco Waskito itu saja dapat memberikan pengertian tersendiri bagi kita rakyat Indonesia terhadap Satrio Piningit. Bagi mereka yang percaya bila si satrio itu memang sakti maka akan menambah kepercayaannya. Akan tetapi bagi mereka yang tidak percaya ada orang sakti di zaman sekarang ini tentunya akan semakin tidak percaya akan kemunculan Satrio Piningit. Satrio itu dianggap hanya sebagai angan-angan orang Jawa saja.

Ini baru satu penuturan yang disampaikan oleh ki Ponco Waskito. Ada lagi yang lain menyebutkan bila si Satrio Piningit tersebut bisa terbang dan berubah wujud, untuk yang satu ini anda dapat membacanya di halaman ini. Sama saja dengan informasi sebelumnya, untuk kesaktian yang satu ini juga merupakan hal yang tidak masuk akal bahkan sangat tidak masuk akal. Sehingga tidak heran bila banyak yang tidak percaya kalo Satrio Piningit itu sakti bahkan orang-orang yang percaya akan kemunculannyapun juga tidak percaya kalo si satrio punya kesaktian macam itu.

Lain lagi dengan paranormal di Jakarta menyebut bila Satrio Piningit memiliki kemampuan bisa keluar masuk alam gaib. Tidak jelas apakah paranormal tersebut memang melihat sendiri ataukah hanya prediksi saja. Terlepas dari benar tidaknya untuk kemampuan yang ini masih bisa diterima akal mengingat beberapa cerita para pahlawan Indonesia dulu kala juga para leluhur kita ada yang memiliki kemampuan seperti ini. Jadi mungkin saja Satrio Piningit juga memilikinya.

Selanjutnya juga ada yang menyebut bila Satrio Piningit memiliki kemampuan bisa mengeluarkan atau mendapatkan kembali pusak-pusaka Nusantara yang hingga saat ini belum ada yang sanggup melakukannya. Juga ada yang bilang si satrio itu bisa menurunkan hujan dan masih banyak lagi kata paranormal dan orang-0orang yang memiliki kemampuan supranatural mengenai Satrio Piningit yang tidak akan selesai-selesai tulisan ini bila dibahas semuanya di sini.

4. Fenomena beragam pengertian tentang Satrio Piningit.
Apabila mau menjabarkan isi naskah-naskah dari para leluhur yang ditinggalkannya tentunya akan panjang lebar. Leluhur yang nyata-nyata tidak bertemu dengan Satrio Piningit dan cuma dengan kemampuan supranaturalnya bisa mengetahui sosok satrio itu sedemikian rupa. Hal ini memberikan pengertian tersendiri bila yang dikatakan leluhur akan kemunculannya bukan tipuan dibalik ramalan. Leluhur tidak mungkin akan mencelakai anak cucu bangsa ini dengan ramalan, akan tetapi sebaliknya rakyat Indonesia harus mengerti akan kehadiran Satrio Piningit.

Pengertian yang bisa kita ambil dari naskah-naskah leluhur merupakan satu fenomena sendiri ditambah dengan penafsiran rakyat Indonesia terhadap naskah-naskah tersebut akan melahirkan pengertian-pengertian yang berbeda dan ini juga fenomena yang tidak bisa kita pungkiri. Dilengkapi juga dengan munculnya ungkapan paranormal dan beberapa orang yang menggunakan supranaturalnya, menjadi lengkaplah ragam pengertian tentang Satrio Piningit.

Diantara sekian banyak pengertian tentang Satrio Piningit tentulah tidak semuanya benar, sebaliknya juga tidak semuanya salah. Pasti ada yang benar dan ada yang salah tanpa harus mencari mana yang benar dan mana yang salah. Kelak satu persatu akan akan terseleksi dengan sendirinya. Rakyat Indonesia bebas memilih dan menentukan pengertian mana yang akan diambil dan pengertian mana yang akan dikesampingkan. Semua kembali pada pribadi masing-masing.

Masih ada satu lagi fenomenanya yaitu rakyat Indonesia disadari atau tidak disadari berada dalam posisi tidak jelas dengan adanya fenomena beragam pengertian tentang Satrio Piningit. Beberapa diantaranya kelak akan bimbang satrio itu sebenarnya ada atau tidak, akan muncul atau tidak, sakti atau tidak, laki-laki atau perempuan dan pertanyaan lainnya yang sulit untuk ditemukan jawabannya. Ini adalah sebuah fenomena tambahan yang posisinya tepat di tengah-tengah beragam pengertian tentang satrio tersebut. Lantas anda berada dimanakah dalam fenomena itu ?

5. Pengertian anda bagaimana.
Telah dibeberkan di atas pengertian beberapa pihak akan kemunculan Satrio Piningit yang tidak lama lagi akan segera terwujud. Pada mulanya pengertian dari para leluhur yang diwujudkan dalam naskah-naskah, selanjutnya beragam pengertian rakyat Indonesia dari naskah-naskah tersebut dan terakhir pengertian secara supranatural dari orang-orang yang memiliki kemampuan supranatural juga paranormal. Dari sini sudah nampak benar-banar beragam pengertiannya yang tentunya tidak semua benar juga tidak semuanya salah.

Sekarang kembali ke anda-anda rakyat Indonesia khususnya yang membaca tulisan ini. Apakah anda percaya atau tidak dengan kabar akan kemunculan Satrio Piningit. Bisa jadi anda juga memiliki pengertian yang sama dengan beberapa point yang telah disebutkan di atas. Tapi sebaliknya juga mungkin saja anda memiliki pengertian yang berbeda dengan pola pikir anda sendiri. Semuanya kembali pada diri masing-masing untuk menentukan dan mengambil sikap yang terbaik dalam hidup ini.

Kontrofersi, Senin 23 Nopember 2009
Eddy Corret.

About these ads